Kota Yogyakarta

Perpustakaan Kota Yogya Tidak Melayani Peminjaman Buku selama Ramadan

Ia menjelaskan bahwa saat Ramadan, pengunjung yang mengakses layanan di perpustakaan mengalami penurunan sekitar 60 persen.

Perpustakaan Kota Yogya Tidak Melayani Peminjaman Buku selama Ramadan
IST
Petugas perpustakaan kota yogyakarta saat menjalankan tugasnya 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua perpustakaan daerah di Kota Yogyakarta yakni Perpustakaan Pusat di Suroto dan Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) di Mayjend Sutoyo, selama Ramadan ini tidak menyediakan pelayananan peminjanan buku.

Hal tersebut dijelaskan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, belum lama ini.

Ia menjelaskan bahwa saat Ramadan, pengunjung yang mengakses layanan di perpustakaan mengalami penurunan sekitar 60 persen.

Gara-gara Bau Durian, Ratusan Mahasiswa Dievakuasi dari Perpustakaan

Kondisi itu lantas dimanfaatkan pihaknya untuk melakukan stock opname, atau mengecek kembali koleksi buku yang dimiliki kedua perpustakaan tersebut.

"Stock opname ini merupakan kegiatan tahunan kami. Fungsinya untuk mengecek adakah kerusakan dari buku tersebut. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 6 Mei hingga 27 Mei mendatang," ucapnya.

Rata-rata kerusakan tersebut dijelaskan Wahyu ada pada sampul.

Pihaknya lantas akan mencatat semua buku yang mengalami kerusakan dan akan menggantinya dengan yang baru agar pembaca juga bisa merasa nyaman ketika membaca buku.

Syarat Membuat Kartu Anggota Perpustakaan Grhatama

"Kalau yang hilang, sedikit. Kami sudah memiliki prosedur bila pembaca menghilangkan buku yang mereka pinjam yakni diganti dengan buku yang sama. Tapi angkanya kecil sekali," bebernya.

Meski sedang melakukan stock opname, Wahyu menjelaskan bahwa kedua perpustakaan bukan berarti menutup total semua pelayanan.

Beasiswa Penuh S1 di Enam Universitas BUMN Dibuka, Ayo Segera Daftar!

Pengunjung yang ingin membaca buku di perpustakaan masih bisa berkunjung seperti biasa.

Selain itu, koneksi internet juga masih bisa diakses oleh pengunjung.

"Jadi yang dihentikan untuk sementara pelayanan peminjaman buku dna perpustakaan keliling. Itu karena petugas kami maksimalkan pada stock opname. Perpustakaan kembali beroperasi normal pada 10 Juni atau setelah Lebaran," tutup Wahyu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved