Yogyakarta

Pergub PPDB Sudah Ditandangani dan Siap Disosialisasikan Senin Besok

Sebelum melakukan sosialisasi, saat ini pihaknya juga telah merampungkan Peraturan Kepala Dinas mengenai petunjuk teknis sebagai turunan dari Pergub

Pergub PPDB Sudah Ditandangani dan Siap Disosialisasikan Senin Besok
istimewa
ilustrasi PPDB 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peraturan Gubernur nomor 30 tahun 2019 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 sudah ditandatangani dan siap untuk disosialisasikan kepada para Kepala Sekolah SMA-SMK Negeri yang ada di DIY.

Didik Wardaya, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menjelaskan jika Pergub tersebut sudah ditandatangani sejak 2 Mei lalu.

Selanjutnya, sebelum melakukan sosialisasi, saat ini pihaknya juga telah merampungkan Peraturan Kepala Dinas mengenai petunjuk teknis sebagai turunan dari Pergub tersebut.

725 Lulusan SD Bersaing di Jalur Bibit Unggul PPDB 2019 Kota Yogyakarta

Rencananya, Peraturan Kepala Dinas tersebut akan rampung pada Senin pagi (20/5/2019), dan pada pukul 13.00 WIB sudah bisa dilakukan sosialisasi kepada seluruh Kepala Sekolah SMA-SMK yang ada di DIY.

"Kami besok Senin sudah mengumpulkan seluruh Kepala Sekolah di seluruh DIY, SMA-SMK. Untuk Pergub sudah ditandatangani tanggal 2 Mei karena proses harus melalui lembaran darat jadi baru keluar beberapa hari yang lalu. Untuk Peraturan Kepala Dinas hari ini mudah-mudahan fix selesai, tapi untuk proses penomeran, penandatanganan paling tidak Senin pagi selesai," terangnya pada Jumat (17/5/2019)

Didik menjelaskan jika nantinya pihaknya juga akan mengundang Kepala Sekolah SMP yang ada di DIY, yang mana dari sosialisasi tersebut nantinya diharapkan bisa diteruskan kepada orangtua dan murid yang lulus SMP di tahun ini dan akan melanjutkan ke jenjang SMA.

"Kalau ke masyarakat bisa lewat website, talk show di tv. Ini kan sasaran anak dan orangtua siswa, kita juga undang Kepala Sekolah SMP sebelum membuat acara lulusan agar bisa diteruskan ke orangtua dan murid," ungkapnya.

PPDB Jalur Bibit Unggul di Kota Yogyakarta, Hampir Semua Sekolah Manfaatkan Kuota Maksimal 10 Persen

Berkenaan dengan isi Peraturan Kepala Dinas tersebut yakni pertama mengenai PPDB Pendidikan Menengah dan Khusus, kedua tentang pelaksanaan PPDB melalui online.

Sementara itu, untuk perbedaan PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni jika tahun kemarin zona diukur dari jarak udara, saat ini tidak semata-mata jarak udara.

Alexander Farrel, Siswa Tunanetra Peraih Nilai UN Matematika 100 Diterima di UGM

Yang mana jika tahun kemarin satu desa bisa mendapatkan beberapa sekolah sebagai zona satu, namun untuk tahun ini hal tersebut dibalik. Jadi untuk satu sekolah bisa mengampu beberapa desa/kelurahan.

"Perbedaan yang lain, kalau yang tahun kemarin ada jalur khusus perpindahan domisili orangtua, sekarang tidak ada. Kita hanya ada jalur perpindahan tugas orangtua," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved