Yogyakarta

Kemenag Sebut YIA Sangat Mendukung untuk Pemberangkatan Calon Jemaah Haji

Hal ini karena bandara Adisucipto kapasitasnya tidak memadahi untuk pemberangkatan jamaah haji.

Kemenag Sebut YIA Sangat Mendukung untuk Pemberangkatan Calon Jemaah Haji
istimewa
Kakanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Wilayah (Kanwil)  Kementrian Agama (Kemenag)  DIY menyebut pemberangkatan calon jemaah haji asal DIY dan sekitarnya nantinya akan diupayakan melalui bandara YIA. 

Hal ini karena bandara Adisucipto kapasitasnya tidak memadahi untuk pemberangkatan jamaah haji. 

Kakanwil Kemenag DIY,  Edhi Gunawan, menyampaikan bahwa nantinya jemaah haji asal DIY diusahakan bisa berangkat melalui bandara YIA.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pemda DIY kepada Kanwil Kemenag DIY dalam memberikan layanan yang maksimal pada warga DIY.

 • Ibadah Haji 2019 : Jemaah Haji Diminta Tak Selfie Berdekatan dengan Unta, Ini Penjelasannya

“Bandara YIA ini akan sangat mendukung embarkasi DIY, karena kan kalau Adisutjipto tidak memungkinkan. Satu kloter bisa sekitar 370 jemaah haji, sehingga yang memungkinkan untuk DIY ya melalui YIA,” jelas Edhi seusai bertemu Gubernur DIY,  Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan,  Jumat (17/5/2019).

Edhi mengatakan meskipun kondisi bandara baru milik DIY yang memang belum beroperasi secara optimal. Kemenag DIY mengaku masih terus menunggu perkembangangan YIA agar apa yang sudah di rencanakan bisa segera direalisasikan.

Terkait rencana embarkasi haji,  Pihak Kemenag RI memang siap untuk menyewa jika memang bangunan akan dibangun oleh pemerintah daerah. 

“Di daerah yang lain kan sudah banyak yang pemdanya mengelola sendiri seperti Donohudan (Boyolali). Selain lebih optimal bagi para jemaah haji, hal tersebut nantinya bisa menjadi aset bagi pemda,” jelas Edhi.

Anggaran untuk penyewaan gedung embarkasi ini pun sudah dipikirkan oleh pihak Kemenag.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved