Gunungkidul

BPBD Gunungkidul Siapkan 10 Juta Liter Air Bersih untuk Atasi Kekeringan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul siapkan 10 juta liter air bersih untuk atasi kekeringan pada tahun ini.

BPBD Gunungkidul Siapkan 10 Juta Liter Air Bersih untuk Atasi Kekeringan
tribunjogja/rendika ferri k
Ilustrasi: Salah seorang warga mengangkat jeriken berisi air dari bantuan dropping air menggunakan water canon dari Polres Gunungkidul, di Dusun Bentar, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Rabu (9/8/2017). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo 

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul siapkan 10 juta liter air bersih untuk atasi kekeringan pada tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menuturkan BPBD akan menyiapkan 2000 tangki air bersih pada tahun ini yang akan disalurkan menggunakan 7 tangki milik BPBD.

"Jika satu tangki berisi 5 ribu liter maka kalau ada 2 ribu tangki yang kami siapkan jumlahnya mencapai 10 juta loiter air bersih untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan pada tahun ini," katanya, Jumat (17/5/2019).

Kecamatan Prambanan Targetkan Zero Dropping Air Bersih saat Musim Kemarau

Edy menjelaskan saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kecamatan di Gunungkidul, dan akan memulai dropping air pada akhir Mei 2019 karena bebeapa kecamatan di pesisir Selatan sudah mulai terdampak kekeringan.

"Kemungkinan kita mulai droping pada akhir Mei ini. Sedangkan untuk menyalurkan bantuan nantinya sesuai dengan permintaan yang diajukan masing-masing desa, saat imni yang sudah mengajukan adalah desa di Wilayah Kecamatan Purwosari dan Panggang," katanya.

Selanjutnya ia menuturkan, desa-desa yang berada di wilayah Panggang dan Purwosari tersebut mengajukan dropping air bersih kepada kecamatan masing-masing.

 • Dana Tak Terduga Belum Turun, Dropping Air di Gunungkidul Tetap Berjalan

"Untuk bantuan dropping air nantinya ada yang dari BPBD ada juga dari Kecamatan, karena di Kecamatan dianggarkan juga. Nantinya kita koordinasi mana saja desa yang akan ditanggung Kecamatan dan mana saja yang ditanggung oleh BPBD," katanya.

Sedangkan hasil koordinasi dengan pihak kecamatan pada bulan ini yang sudah siap untuk melakukan dropping air adalah Kecamatan Rongkop, disusul bulan depan adalah kecamatan Girisubo, Panggang, Tepus, Paliyan, dan Ponjong yang akan menyalurkan air.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved