Kesehatan

Akhir Bulan Ini, RSUP Dr Sardjito Akan Launching Layanan General Check Up Stroke

Akhir Bulan Ini, RSUP Dr Sardjito Akan Launching Layanan General Check Up Stroke

Akhir Bulan Ini, RSUP Dr Sardjito Akan Launching Layanan General Check Up Stroke
Tribun Jogja/Noristera Pawestri
Ahli Saraf RSUP Dr Sardjito Dr. dr. Ismail Setyo Pranoto Sp S(K) (tengah) dan dr Paryono Sp S(K) (kiri) saat memberikan paparan terkait peluncuran General Check Up Stroke dalam jumpa pers yang digelar Jumat (17/5/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - RSUP Dr Sardjito Yogyakarta akan segera melauncing Tim Medis Stroke dan melaunching General Check Up Stroke.

Tim Medis Stroke dan melaunching General Check Up Stroke ini merupakan upaya dari rumah sakit untuk meningkatkan layanan bagi pasien stroke.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati peringkat kedua pada kasus stroke di Indonesia.

Dengan adanya Tim Medis Stroke dan melaunching General Check Up Stroke ini, diharapkan layanan akan lebih maksimal.

Rokok, Pembunuh Secara Perlahan

Pelayanan baru yang akan dilaunching di RSUP Dr Sardjito ini pada 27 Mei mendatang adalah layanan Neurorestorasi yakni layanan neurologi (persarafan) yang mempelajari pemulihan sistem saraf rusak akibat adanya gangguan sistem saraf yang diakibatkan oleh serangan stroke.

Ahli Saraf RSUP Dr Sardjito dr Paryono Sp S(K) mengatakan, dengan adanya layanan neurorestorasi ini diharapkan dapat menekan angka stroke.

Ia menjelaskan, neurorestorasi merupakan suatu upaya untuk mengembalikan fungsi otak.

"Sehingga diharapkan pemulihan stroke lebih cepat kalau kita lakukan neurorestorasi. Sebab pasien stroke butuh suatu penanganan yang cepat," ujarnya saat menggelar jumpa pers pada Jumat (17/5/2019) petang.

Dinas Kesehatan Bantul Akan Pantau Kelayakan Makanan Tajil

Sementara itu, Ahli Saraf RSUP Dr Sardjito Dr. dr. Ismail Setyo Pranoto Sp S(K) menambahkan, ada tiga tahapan dalam penanganan stroke, yakni pencegahan, terapi dan neurorestorasi.

"Beberapa hal yang dikerjakan dalam General Check Up Stroke ini pertama mengidentifikasi setiap individu apakah yang bersangkutan memiliki faktor stroke kemudian ada pemeriksaan layanan sandar," jelasnya.

Kemudian pasien akan menjalani layanan lanjutan. Apabila saat pemeriksaan ditemukan faktor hipertensi diabetes dan lainnya, maka akan ada pelayanan lanjut pada pasien.

Di mana dalam pelayanan lanjut ini akan ada pemeriksaan spesifik dengan berapa persen terkena stroke dari faktor resiko yang dimiliki oleh individu.

"Kemudian ada tindakan edukasi, terapetik. Selanjutnya pasien yang telah diperiksa akan mendapat buku mulai dari pemeriksaan, kontrol dan tindak lanjut penanganan pasien," katanya. (Tribunjogja I Noristera Pawestri)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved