Sleman

Sosialisasi Germas, Kuswanto Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Sosialisasi Germas di Desa Sendangmulyo, Kuswanto Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Sosialisasi Germas, Kuswanto Ajak Masyarakat Hidup Sehat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY secara gencar masih terus memberi sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di berbagai wilayah DIY di empat kabupaten dan satu kota.

Hal ini dilakukan, demi menciptakan masyarakat DIY yang sehat dan akhirnya bisa produktif dalam berkegiatan.

Seperti sosialisasi Germas yang dilakukan di Balai Desa Sendangmulyo, Minggir, Sleman beberapa waktu lalu.

Seperti agenda beberapa sosialiasasi sebelumnya, kegiatan ini melibatkan sejumlah narasumber. Selain dari petugas Dinkes DIY sendiri, juga dihadirkan narasumber dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY.

Kali ini, Ketua Komisi D DPRD DIY, Kuswanto dihadirkan sebagai narasumber dari pihak dewan. Selama sosialisasi, pria yang juga merupakan politikus dari Partai PDIP tersebut menyampaikan betapa pentingnya gerakan hidup sehat di lingkup masyarakat. Ini karena kesehatan, menjadi salah satu hal yang paling berharga.

7 Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh

“Sehat itu mahal harganya. Dengan badan sehat maka kita bisa berkegiatan secara lebih leluasa. Jadi mari kita hidup sehat. Kita mulai dari diri sendiri dulu lalu keluarga. Setelah itu kita secara bersama-sama menerapkan prinsip hidup sehat di lingkungan dan masyarakat,” kata Kuswanto dihubungi pada Kamis (16/5/2019).

Gerakan hidup sehat ini menurut Kuswanto bisa dilakukan dengan banyak cara. Sesuai dengan pilar Germas, hidup sehat bisa dilakukan dengan cara konsumsi sayur dan buah yang cukup tiap hari, memeriksakan kesehatan secara rutin, beraktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari dan menghidari alkohol maupun rokok.

Membersihkan lingkungan sekitar juga sangat penting. Seperti aktifitas 3M, yaitu Mengubur, Menutup dan Menguras. Mengubur benda yang dapat menampung air, menutup tempat tampungan air dan menguras bak mandi yang jadi tempat hidup nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. (Tribunjogja I Susilo Wahid Nugroho)

Penulis: sus
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved