KPU Diputuskan Melanggar Prosedur Situng, BPN Minta Perbaikan dalam 3 Hari

KPU diputuskan telah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). BPN Minta Perbaikan dalam 3 Hari

KPU Diputuskan Melanggar Prosedur Situng, BPN Minta Perbaikan dalam 3 Hari
Kompas.com
Sufmi Dasco Ahmad, anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra 

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diputuskan telah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga menilai pendaftaran dan pelaporan lembaga survei hitung cepat pada Pemilu 2019.

KPU: Rekapitulasi 26 Provinsi, TKN dan BPN Tak Ada Komplain

Menanggapi putusan Bawaslu itu, Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, BPN telah menerima putusan tersebut.

"Pada hari ini BPN Prabowo-Sandi telah selesai menerima putusan," kata Dasco saat ditemui di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Dasco mengatakan, KPU harus memperbaiki tata cara menginput data dalam Situng, termasuk perbaikan formulir C1. Perbaikan itu harus dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

"Dalam tiga hari itu harus diperbaiki oleh KPU," ujarnya.

Selanjutnya, Dasco mengatakan, perkara dugaan pelanggaran administrasi pemilu, baik Situng maupun lembaga survei hitung cepat, dapat menjadi pelajaran agar kejadian serupa tidak terjadi.

Jadi Dalih BPN

Ia mengatakan, hasil putusan Bawaslu tersebut sangat penting bagi BPN untuk mengambil langkah berikutnya di Pemilu 2019.

"Keputusan Bawaslu ini sangat penting bagi BPN untuk ambil langkah selanjutnya menyikapi suara," katanya.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved