Tolak Hasil Penghitungan Suara KPU, BPN Prabowo-Sandi Klaim Terjadi Kecurangan di Pilpres 2019

BPN Prabowo-Sandi menolak hasil penghitungan suara KPU karena menurut mereka telah terjadi dugaan kecurangan

Tolak Hasil Penghitungan Suara KPU, BPN Prabowo-Sandi Klaim Terjadi Kecurangan di Pilpres 2019

TRIBUNJOGJA.COM JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Djoko Santoso mengumumkan pihaknya menolak hasil penghitungan suara yang masih dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara pengungkapan fakta-fakta dugaan kecurangan di pemilihan presiden 2019, yang digelar oleh pihaknya pada Selasa (14/5/2019), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

BPN Prabowo-Sandi menolak hasil penghitungan suara KPU karena menurut mereka telah terjadi dugaan kecurangan, yang merugikan pihak pasangan nomor urut 02.

"Berdasarkan hal tersebut, kami BPN Prabowo-Sandi bersama rakyat indonesia yang sadar hak demokrasinya, menyatakan menolak hasil perhitungan suara dari KPU RI yang sedang berjalan," kata Ketua BPN Djoko Santoso, seperti dikutip Tribunjogja.com dari laman Kompas.com, Rabu (15/5/2019).

Di kesempatan tersebut, BPN juga memaparkan beberapa dugaan kecurangan dari sebelum, saat pemunguntan suara, hingga setelahnya.

Adapun bentuk kecurangan yang disampaikan pihak BPN Prabowo-Sandi adalah adanya daftar pemilih fiktif, politik uang, keterlibatan aparat, surat suara yang telah tercoblos, serta kesalahan pada hasil penghitungan suara di laman KPU.

Djoko menyampaikan, pihaknya telah melaporkan berbagai dugaan kecurangan tersebut, namun tak mendapat tanggapan.

"Beberapa waktu lalu kami sudah kirim surat ke KPU, tentang audit terhadap IT KPU, meminta dan mendesak dihentikan sistem penghitungan suara di KPU yang curang, terstruktur sistem," ungkap Djoko.

ARUK Dukung KPU

TKN Jokowi-Maruf akan Rilis Bukti Kecurangan ke Publik dan Bawaslu

Selain Djoko, calon presiden Prabowo Subianto juga menyampaikan hal serupa.

Prabowo mengatakan jika dia akan menolak hasil penghitungan suara oleh KPU.

Halaman
1234
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved