Agenda Jogja Hari Ini

Kelompok Songolikur Gelar Pameran Seni Rupa 'Dari Titik Muria'

Kelompok Songolikur yang berasal dari kawasan Muria Jawa Tengah akan memamerkan karya-karyanya yang bertemakan ‘Dari Titik Muria’.

Kelompok Songolikur Gelar Pameran Seni Rupa 'Dari Titik Muria'
istimewa
Kelompok Songolikur Gelar Pameran Seni Rupa 'Dari Titik Muria'

TRIBUNJOGJA.COM - Kelompok Songolikur yang berasal dari kawasan Muria Jawa Tengah akan memamerkan karya-karyanya yang bertemakan ‘Dari Titik Muria’.

Tema tersebut merepresentasikan ekspresi para perupanya terhadap kekayaan alam dan budaya maupun karakteristik lokal kawasan Muria, yang meliputi Pati, Kudus dan Jepara.

Menurut seorang perupa, S Mulyana Gustama,  para perupa ingin menggali lebih dalam ihwal kebudayaan pantai utara dalam lingkup lingkar Muria.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Selain kebudayaan, secara geografis semenanjung Muria tergolong unik karena lokasinya yang keluar dari jalur utama pegunungan api di Jawa Tengah.

Bahkan para ahli mengungkapkan bahwa semenanjung Muria dahulu adalah sebuah pulau yang terpisah dari daratan utama pulau Jawa.

Karenanya, menurut Gustama, jika kawasan pegunungan Muria dahulu adalah sebuah pulau tersendiri maka tentu meninggalkan jejak yang tersendiri pula.

“Dari aspek kebudayaan sendiri tentunya adalah sisi sejarah, tradisi yang masih hidup hingga realitas budaya kontemporer yang di dalamnya mengandung dimensi sosial politik,” kata alumni Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Menelisik Jejak Diponegoro dalam Pameran Literasi Sejarah di Kota Magelang

Pameran ini melibatkan sepuluh perupa.

Selain Gustama, ada Angga Aditya, Apis Btwr atau Muhammad Aulannafis, Briyan Farid, Budi Karya, Indarto Agung Sukmono, Putut Puspito Edi, Susilo Tomo, Winantyo Agung P, dan Indrayana.

Pameran ini berlangsung pada 17 Mei – 7 Juni 2019 di Tembi Rumah Budaya, Bantul, Yogyakarta.

Pembukaan pameran akan diselenggarakan pada hari Jumat, 17 Mei, pukul 15 WIB.

Pameran akan dibuka oleh Dr Mikke Susanto. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved