Yogyakarta

DIY Tandatangani Komitmen Bebas Malaria

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi satu diantara enam daerah yang menandatangani komitmen eliminasi Malaria.

DIY Tandatangani Komitmen Bebas Malaria
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi satu diantara enam daerah yang menandatangani komitmen eliminasi Malaria.  

Komitmen pimpinan daerah ini merupakan tahapan dalam rangka mewujudkan komitmen Indonesia terhadap komitmen nasional, regional, dan global yaitu dunia bebas malaria pada tahun 2030. 

Penandatanganan komitmen ini dilaksanakan di rangkaian acara puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) Tahun 2019 di Desa Budaya Kertalangu, Bali pada Senin (13/05/2019) pagi lalu. 

Untuk DIY diwakili oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. 

Tendang Malaria, Kulonprogo Bentuk Tim Eliminasi

"Kasus malaria di DIY hanya Kabupaten Kulon Progo, dan itupun hanya kecamatan Kokap yang berbatasan langsung dengan Purworejo, Jawa Tengah. Dalam catatan statistik, hanya tinggal 10 kasus (malaria) yang ditemukan," ujar Paduka Paku Alam X. 

Pemda DIY pun melaksanakan berbagai macam program untuk mencapai eliminasi malaria di Kulon Progo tersebut. 

Ada tiga inovasi dilakukan untuk menekan dan mengeliminasi malaria di Kabupaten Kulon Progo. 

Pertama, active case detectionmelalui Juru Malaria Desa (JMD). JMD bertugas mendatangi penduduk di wilayah kerjanya dan mengambil sediaan darah masyarakat yang bergejala malaria, mengantar obat dan melakukan follow uppengobatan, mengambil sediaan darah pendatang dari luar daerah.

 Kedua, pembentukan Dusun Peduli Malaria, yaitu dusun yang secara aktif, rutin dan mandiri melakukan pengendalian malaria. 

Ketiga, penggerakan multi sektor dalam pengendalian malaria dengan merevitalisasi tim eliminasi malaria, rapat koordinasi berjenjang, dan pertemuan lintas batas DIY dengan Jawa Tengah

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved