Sport

Pengda PRUI DIY Berambisi Ukir Prestasi di PON 2020

Meski merupakan cabor baru di bawah naungan KONI DIY, pihaknya selama ini tidak mengalami kesulitan dalam menjaring atlet berbakat di Yogyakarta.

Pengda PRUI DIY Berambisi Ukir Prestasi di PON 2020
Istimewa
Personel Pengda PRUI DIY Periode 2018-2022 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah resmi diterima sebagai anggota baru KONI DIY, lewat Rapat Anggota Tahunan 2019 lalu, Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) DIY berambisi merebut tiket menuju Pekan Olahraha Nasional (PON) 2020.

Ketua Umum Pengda PRUI DIY Ria Lumintuarso, yang baru saja dilantik pada Sabtu (11/5/2019) silam memastikan, kepengurusan baru yang akan menjabat untuk periode 2018-2022, memiliki tugas berat, yakni meloloskan, sekaligus meraih prestasi di PON mendatang.

"Kita menghadapi Pra-PON bulan Agustus, lalu PON 2020 di Papua ya, kita akan berjuang untuk itu. Saat ini, kami sudah siapkan tim dan mencoba ikut serta dalam beberapa kompetisi. Mudah-mudahan saja, menghasilkan yang terbaik," katanya.

Pengda ISSI DIY Target Loloskan 5 Atlet ke PON 2020

"Bersama kepengurusan baru ini, kami berkomitmen, mendorong dan memajukan rugby DIY dan Indonesia. Semoga, kami bisa mengemban amanah ini dengan baik dan penuh tanggung jawab," imbuh Ria.

Ia pun mengungkapkan, meski merupakan cabor baru di bawah naungan KONI DIY, pihaknya selama ini tidak mengalami kesulitan dalam menjaring atlet berbakat di Yogyakarta.

Menurutnya, mahasiswa UNY mempunyai peran yang begitu krusial dalam hal tersebut.

Bagaimana tidak, lanjutnya, mereka menggiatkan sebuah program pemasyarakatan bertajuk 'Get Into Rugby'.

Praktis, cabor tersebut menjadi akrab dengan generasi muda, serta menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu daerah dengan tingkat agresivitas tinggi.

Jelang PON 2020, KONI Kabupaten-Kota Diharap Ikut Andil Berangkatkan Atlet Mandiri

"Karena itu, kami sangat berterimakasih pada atlet dan mahasiswa UNY, yang berperan besar dalam pengembangan cabor ini di Indonesia, atau DIY khususnya," cetus Ria.

Sementara itu, Wakil Ketua I Pengurus Besar (PB) PRUI Yudha Ramon mengungkapkan, keberadaan pengurus anyar memberikan semacam harapan baru bagi sepak terjang rugby di DIY.

Ia menilai, DIY memiliki peluang besar meraih medali dalam PON 2020 nanti. 

Terlebih, prestasi atlet DIY di Kejurnas Rugby 7s KU-21 Tahun 2018 lalu, cukup mentereng, yakni finalis, baik di nomor putra dan putri.

Menurutnya, mereka sanggup bersaing ketat dengan Papua, yang akhirnya keluar sebagai juara dalam event tingkat nasional itu.

"DIY juga salah satu provinsi dengan penyumbang atlet terbanyak ke Timnas. Dengan banyaknya pakar olahraga dalam kepengurusan PRUI DIY, kami pun berharap, PRUI DIY bisa lebih berkembang lagi," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved