Jawa

Merawat Makam Van Der Steur, Pahlawan Kemanusiaan dari Magelang

Beni Lutters, salah seorang keluarga besar Van Der Steur di Magelang melihat Pa Steur sebagai sosok pahlawan kemanusiaan yang dikagumi.

Merawat Makam Van Der Steur, Pahlawan Kemanusiaan dari Magelang
istimewa
Masyarakat pemerhati sejarah dan cagar budaya yang tergabung dalam Komunitas Kota Toea Magelang (KTM) mengecat salah satu situs sejarah di Kota Magelang yakni Makam Van Der Steur, Kota Magelang, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Masyarakat pemerhati sejarah dan cagar budaya yang tergabung dalam Komunitas Kota Toea Magelang (KTM) bergerak merawat salah satu situs sejarah di Kota Magelang yakni Makam Van Der Steur.

Mereka mengecat ulang makam, dan mempercantik kompleks yang kurang terpelihara tersebut.

Koordinator Komunitas Kota Toea Magelang (KTM), Bagus Priyana, menuturkan, pihaknya tergerak untuk merawat dan mempercantik makam Van Der Steur, karena kompleks pemakaman ini kurang terpelihara.

Padahal di situs ini juga terbaring salah satu tokoh kemanusiaan, Johannes van der Steur, misionaris gereja di Parklaan Haarlem Belanda yang mengabdikan hidupnya untuk mengasuh anak-anak terlantar dan yatim piatu.

Komunitas Kota Toea Magelang Gelar Ritual Budaya Sowan

"Beberapa waktu lalu kami menerima kunjungan dari Ketua Yayasan Van Der Steur, Harry Van Lonkhuizen, dan mengantar Harry ke makam Van Der Steur. Memang makam ini kurang terawat, kami pun tergerak untuk mempercantik dan memeliharanya," ujar Bagus, Selasa (14/5/2019).

Pihaknya pun mengecat ulang kembali seluruh makam yang ada beserta tembok pembatasnya.

Ada 27 makam di kompleks Van Der Steur, dan 50 jumlah jenazah yang terkubur di dalamnya.

Kompleks makam satu kesatuan dengan Gerbang Kerkof di Jalan Jenderal Sudirman.

“Kondisi makam cukup memprihatinkan. Cat makam memudar dan ditumbuhi rumput liar. Kami dengan tim pun mendapat tugas dari yayasan itu untuk mempercantiknya,” katanya.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved