Pendidikan

Baru Saja Lulus, 30 Persen Lulusan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Langsung Terserap Dunia Kerja

Baru Saja Lulus, 30 Persen Lulusan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Langsung Terserap Dunia Kerja

Baru Saja Lulus, 30 Persen Lulusan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Langsung Terserap Dunia Kerja
Tribun Jogja/Noristera Pawestri
Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tengah menjalani prosesi Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2018/2019 yang dihelat di Jogja Expo Center (JEC) pada Selasa (14/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta meluluskan 355 siswa dalam Wisuda Purna Siswa Tahun Ajaran 2018/2019 yang dihelat di Jogja Expo Center (JEC) pada Selasa (14/3/2019).

Meski baru saja dinyatakan lulus, sebanyak 30 persen dari total 355 lulusan sudah terserap di dunia kerja.

"Masa tunggu siswa pun cukup singkat, hanya tiga bulan setelah lulus. Itupun karena mereka menunggu nilai dan ijazah keluar," ujar Wakil Kepala Urusan Humas SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Irman Tribuana Sakti.

Lanjutnya, hingga saat ini sekolah telah menjalin kerjasama dengan 90 dunia usaha dan dunia industri.

Dengan kerjasama dunia usaha dan dunia industri yang dijalin oleh sekolah, maka siswa memiliki banyak kesempatan untuk magang kerja di berbagai instansi dan perusahaan.

Pupuk Dilan 2019 Karya Mahasiswa Teknologi Industri UAD Juara di Malaysia

Irman mengatakan banyak lulusan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang memilih untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Empat siswa kami juga sudah diterima di UNY lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," terangnya.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Suprihandono menambahkan, lulusan terbanyak yang langsung terserap di dunia kerja berasal dari Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Kesan Pertama Saat Guru Asal Filipina Belajar Membatik, Takut Salah Menorehkan Malam di Atas Pola

"Sekolah ini telah mengantarkan pada perjuangan dalam pengabdian selama tiga tahun terakhir bersama para guru dan karyawan di sekolah yang terpilih menjadi SMK revitalisasi ini," ujarnya dalam sambutannya.

Suprihandono berpesan kepada para wisudawan agar menggunakan bekal keterampilan yang telah diterima selama menempuh pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan bersungguh-sungguh di bidang masing-masing.

"Semoga menjadi sumber daya yang cerdas keterampilan, cerdas intelegensi dan cerdas spiritual," katanya. (Tribunjogja I Noristera Pawestri)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved