Pemilu 2019

Pemilu 2019, PDI Perjuangan DIY Loloskan 80 Legislatif

PDI P meloloskan sedikitnya 80 perwakilannya yang akan menduduki kursi legislatif, baik untuk RI, Provinsi maupun Kota/Kabupaten se-DIY.

Pemilu 2019, PDI Perjuangan DIY Loloskan 80 Legislatif
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Bambang Praswanto Ketua DPD PDI Perjuangan DIY (dua dari kiri) saat jumpa pers di kantornya, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses penghitungan rekapitulasi surat suara di KPU DIY telah berakhir.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) menjadi partai yang menguasai suara baik untuk DPR RI Dapil DIY, DPRD Provinsi maupun DPRD Kota/Kabupaten.

Partai berlambang kepala banteng ini meloloskan sedikitnya 80 perwakilannya yang akan menduduki kursi legislatif, baik untuk RI, Provinsi maupun Kota/Kabupaten se-DIY.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Bambang Praswanto selaku Ketua PDI P DIY mengatakan perolehan ini tentu menjadi bentuk kepercayaan masyarakat terhadap kader-kadernya.

"Ini menjadi kemenangan PDI P di DIY lima kali berturut-turut sejak tahun 1999, 2004, 2009, 2014 dan sekarang 2019, ini bukti bahwa masyarakat masih menaruh percaya kepada kami," katanya dalam temu media di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Senin (13/5/2019).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, setidaknya PDI P meloloskan 2 kursi untuk DPR RI yakni lewat perolehan My Esti Wijayati dengan 176.306 suara dan Idham Samawi dengan 158.425 suara.

Untuk kursi di DPRD DIY, partai moncong putih ini berhasil menambah jatah kursi, jika tahun 2014 lalu berhasil meloloskan 14 kadernya, tahun ini PDI P meloloskan 17 kadernya untuk menduduki kursi legislatif di DPRD Provinsi DIY.

Bingung Soal PPDB 2019, PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Buka Posko

"Untuk DPRD DIY kita mendapat tambahan 3 kursi dari Dapil Gunungkidul, Dapil Sleman Selatan dan Dapil Kulon Progo," kata Bambang.

Sementara itu, untuk kursi di tingkat Kota/Kabupaten, PDI P tercatat meloloskan 61 kadernya dengan rincian Kabupaten Sleman meraih sebanyak 15 kursi (naik tiga kursi dibanding perolehan tahun 2014), Kota Yogyakarta meraih 13 kursi (berkurang dua kursi dibanding perolehan tahun 2014), Kabupaten Bantul 11 kursi (berkurang satu kursi), Gunungkidul meraih 10 kursi (berkurang satu kursi) dan perolehan mencolok dicatatkan oleh Kabupaten Kulon Progo dengan meraih 12 kursi (meningkat empat kursi).

"Secara keseluruhan perolehan suara kita meningkat. Dengan meningkatnya suara ini kita sepakat akan meningkatkan kinerja kader kami di legislatif baik ditingkat provinsi maupun Kabupaten Kota," beber Bambang.

Kendati demikian, tak semua perolehan dan hasil ini sesuai target yang ditetapkan oleh partai.

Di Kota Magelang, PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak

Pihaknya mengaku beberapa meleset seperti perolehan kursi DPR RI yang ditargetkan mencapai tiga namun hanya mampu dua kursi.

"Beberapa kursi di Kota Kabupaten secara jumlah memang meningkat tapi secara detail di Kabupaten dan Kota ada yang berkurang," sebutnya.

Pihaknya berjanji, dengan banyaknya kader yang lolos ke legislatif, pihaknya akan memperjuangkan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat termasuk masalah kesejahteraan.

"Baik itu lapangan pekerjaan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, kita akan meningkatkan itu. Apalagi kita memiliki dana keistimewaan, maka kita akan maksimalkan dana keistimewaan itu untuk masyarakat," bebernya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved