Pemilu 2019

PDIP DIY Siap Akui Kemenangan Prabowo Jika Sudah Resmi Diumumkan KPU RI

PDI Perjuangan DIY mengatakan siap mengakui kemenangan pasangan Prabowo - Sandi jika KPU RI secara resmi akan mengumumkan hal tersebut.

PDIP DIY Siap Akui Kemenangan Prabowo Jika Sudah Resmi Diumumkan KPU RI
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Bambang Praswanto Ketua DPD PDI Perjuangan DIY (dua dari kiri) saat jumpa pers di kantornya, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bambang Praswanto, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY mengatakan siap mengakui kemenangan pasangan nomor urut 02, Prabowo - Sandi jika KPU RI secara resmi akan mengumumkan hal tersebut pada 22 Mei mendatang.

Hal ini ia ungkapkan setelah ditanya wartawan soal klaim kemenangan oleh kubu sebelah yang dikatakan mencapai 62 persen serta seruan people power jika Prabowo Sandi kalah dalam pilpres kali ini, di kantornya, Senin (13/5/2019).

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

"Apabila keputusan sudah diambil oleh pemangku kepentingan yang sah dan konstitusional maka kita semua harus menghormati. Kami pun kalau nantinya KPU RI secara resmi dan formil mengumumkan yang lain (kemenangan Prabowo Sandi), kita harus mengakui, tak ada masalah selama itu formil dan konstitusional," katanya kepada wartawan.

Pihaknya menganggap klaim kemenangan oleh kubu sebelah merupakan hal yang biasa dalam kontes politik semacam ini.

Pihaknya menghormati perhitungan klaim kemenangan tersebut yang mungkin memiliki tim dan metode tersendiri.

Selama belum ada keputusan resmi dari penyelenggara dalam hal ini KPU, pihaknya menganggap klaim kemenangan merupakan hal yang sangat wajar.

Pemilu 2019, PDI Perjuangan DIY Loloskan 80 Legislatif

Pihaknya pun tak ambil pusing terkait klaim kemenangan tersebut.

Bahkan seruan people power pun tak mempengaruhi independensi dari KPU RI menurutnya.

"Tapi kalau secara formil, sah dan konstitusional sudah diumumkan dan seruan people power itu nantinya dikhawatirkan mengganggu stabilitas negara maka instrumen negara pasti akan bertindak, tapi paling tidak di negara ini, kebebasan berpendapat masih dihargai," tambahnya.

Kendati demikian, Bambang mengaku masih optimis bahwa pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bakal memenangkan Pemilu dan akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden lima tahun mendatang.

Bingung Soal PPDB 2019, PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Buka Posko

"Kami yakin Pak Jokowi menang bahkan dari setahun yang lalu. Kami yakin Pak Jokowi ini kader terbaik yang dimiliki. Keyakinan kami bertambah saat Pak Jokowi menunjuk KH Ma'ruf Amin sebagai wakil selain dikenal sebagai ulama besar NU, beliau juga seorang akademisi. Ada dwitunggal yang sempurna dari pasangan ini dan kami yakin menang," bebernya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, dari hasil rekapitulasi perhitungan suara di KPU DIY, pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 1.655.174 suara atau 69,03 persen.

Sedangkan pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno meraih 742.481 suara atau 30,97 persen.

"Target kami di DIY itu 70 persen, meleset sedikit hampir 1 persen tapi ini hal yang wajar apalagi pemilu saat ini partisipasi pemilih juga meningkat diatas 85 persen," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved