Lelaki yang Mengancam Memenggal Presiden Kepala Jokowi Terancam Hukuman Mati, Ini Sebabnya

HS (25) tersangka laki-laki yang mengancam akan memenggal kepala Presiden Joko Widodo terancam hukuman maksimal seumur hidup atau hukuman mati.

Lelaki yang Mengancam Memenggal Presiden Kepala Jokowi Terancam Hukuman Mati, Ini Sebabnya
DOK
Pendemo yang ancam Jokowi (kiri) | Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno melakukan konferensi pers yang dihadiri Dheva Prayoga di Mapolres Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (12/5/2019). (kanan) 

Lelaki yang Mengancam Memenggal Kepala Presiden Jokowi Terancam Hukuman Mati, Ini Sebabnya

TRIBUNJOGJA.COM - HS (25) tersangka laki-laki yang mengancam akan memenggal kepala Presiden Joko Widodo terancam hukuman maksimal seumur hidup atau hukuman mati.

Jerat hukum itu akibat tersangka diangap telah mengancam keamanan negara dan niat untuk membunuh kepala negara. Pasal yang dikenakan adalah pasal makar.

"Tersangka dijerat Pasal 104 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP, Pasal 336 dan Pasal 27 Ayat 4 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik karena yang bersangkutan diduga melakukan perbuatan dugaan makar dengan maksud membunuh dan melakukan pengancaman terhadap presiden," ujar Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Ade Ary Syam Indradi, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dalam pasal 104 KUHP disebutkan perbuatan makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Ade mengungkapkan, saat ini HS masih dimintai keterangan secara intensif guna mengetahui maksud dan motif ancaman terhadap presiden tersebut.

"Tersangka masih dilakukan pendalaman untuk mengetahui motif dan latar belakang (menyerukan ancaman pemenggalan terhadap presiden)," ujar Ade.

Seperti diketahui, HS (25) ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor, pada Minggu pukul 08.00.

HS melakukan ancamannya saat demo di depan Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, pada Jumat (10/5/2019) siang.(*)

Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved