Pemilu 2019

Capaian PDI Perjuangan di DIY Tembus Target, Raih Lebih dari 654 Ribu Suara

Capaian PDI Perjuangan di DIY Tembus Target, Raih Lebih dari 654 Ribu Suara

Capaian PDI Perjuangan di DIY Tembus Target, Raih Lebih dari 654 Ribu Suara
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Bambang Praswanto Ketua DPD PDI Perjuangan DIY (dua dari kiri) saat jumpa pers di kantornya, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perolehan suara yang didulang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DIY melebihi target yang ditetapkan.

Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto mengatakan pihaknya dalam pemilu 2019 kali ini meningkatkan targetnya dari tahun sebelumnya sebesar 575ribu suara, tahun ini target ditingkatkan menjadi 650ribu suara.

"Tapi ternyata (dalam Pemilu 2019) kita berhasil mengumpulkan 654ribuan suara, ini melebihi target," kata Bambang dalam jumpa media di Kantor DPD PDI P DIY, Senin (13/5/2019).

Kendati demikian, tak semua yang ditargetkan pihaknya sesuai kenyataan. Target tiga kursi DPR RI nyatanya gagal diraih, PDI P hanya mampu mengirimkan dua wakilnya di Senayan.

"Kurang suara akhirnya hanya mampu kirimkan dua wakil," tambah Bambang.

PDIP DIY Siap Akui Kemenangan Prabowo Jika Sudah Resmi Diumumkan KPU RI

Kedua wakil yang lolos ke Senayan, kata Bambang ialah inkumben yakni My Esti Wijayati dengan 176.306 suara dan Idham Samawi dengan 158.425 suara.

Sedangkan perolehan kursi untuk DPRD DIY, partai berlambang moncong putih ini berhasil menambah jatah kursi, jika tahun 2014 lalu berhasil meloloskan 14 kadernya, tahun ini PDI P mampu meloloskan 17 kadernya untuk menduduki kursi legislatif di DPRD Provinsi DIY.

"Untuk DPRD DIY kita mendapat tambahan 3 kursi dari Dapil Gunungkidul, Dapil Sleman Selatan dan Dapil Kulon Progo," kata Bambang.

PPP Resmi Lapor ke Bawaslu Sleman Terkait Suara yang Hilang

Sementara itu, untuk kursi di tingkat Kota/Kabupaten, PDI P tercatat meloloskan 61 kadernya dengan rincian Kabupaten Sleman meraih sebanyak 15 kursi (naik tiga kursi dibanding perolehan tahun 2014), Kota Yogyakarta meraih 13 kursi (berkurang dua kursi dibanding perolehan tahun 2014), Kabupaten Bantul 11 kursi (berkurang satu kursi dibanding perolehan tahun 2014), Gunungkidul meraih 10 kursi (berkurang satu kursi dibanding perolehan tahun 2014) dan Kabupaten Kulon Progo dengan meraih 12 kursi (meningkat empat kursi dibanding perolehan tahun 2014).

"Secara keseluruhan perolehan suara kita meningkat. Dengan meningkatnya suara ini kita sepakat akan meningkatkan kinerja kader kami di legislatif baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten Kota," beber Bambang. (Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved