Pendidikan

Gunakan Wayang, PKM-M Punakawan UMY Tarik Minat Anak untuk Mengaji

PKM-M Punakawan UMY giatkan peningkatan antusiasme anak-anak untuk mengaji di TPA dengan cara memperkenalkan budaya Yogya khsusnya wayang kepada anak.

Gunakan Wayang, PKM-M Punakawan UMY Tarik Minat Anak untuk Mengaji
istimewa
Gunakan Wayang, PKM-M Punakawan UMY Tarik Minat Anak untuk Mengaji 

TRIBUNJOGJA.COM - Banyaknya Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di Desa Temuwuh Lor Gamping Sleman, yang tidak berjalan optimal karena kurangnya antusiasme anak-anak untuk mengaji.

Hal tersebut membuat Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) Punakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat program Rihlah Budaya.

Rihlah Budaya sendiri merupakan program peningkatan antusiasme anak-anak untuk mengaji di TPA dengan cara memperkenalkan budaya Yogyakarta khsusnya wayang kepada anak-anak.

Mencicipi Bakpia Premium dan Nasi Pedas Ala Kenes Resto & Bakery

R Muhammad Ridhwan Satira Kumara Ketua PKM-M Punakawan UMY menjelaskan, untuk mensukseskan program ini, TPA Masjid At Taqwa, Desa Temuwuh Lor dipilih sebagai lokasi program.

Menurutnya, selain pihaknya menjadikan TPA At Taqwa sebagai tempat pembelajaran agama, juga menjadikannya sebagai tempat untuk mengenalkan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal melalui media wayang Punakawan

"Di masjid ini proses pembelajaran TPA tidak berjalan dengan optimal dikarenakan kurangnya antusias belajar dan pengelola yang kurang aktif kreatif dalam mengelola TPA. Kami mencoba untuk meningkatkan antusiasme anak-anak dengan memperkenalkan wayang melalui program PKM-M," ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Dia menjelaskan jika Rihlah Budaya sendiri dihadirkan dengan tujuan mengoptimalkan peran TPA untuk dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak-anak, dan juga meningkatkan efektifitas dan daya tarik pembelajaran Al Qur’an di TPA.

UMY Beri Pelatihan Tata Kelola Website Bagi Pengelola Bank Sampah Kradenan Berseri

"Selain itu, kita juga ingin memperkenalkan budaya wayang kepada anak-anak TPA serta menanamkan nilai-nilai keislaman dan kearifan wayang Punakawan kepada anak-anak TPA," ungkapnya.

Program ini sendiri sudah mulai berjalan sejak Maret 2019, dan telah ada beberapa kegiatan seperti pengajian motivasi bagi orang tua untuk pendidikan agama anak.

Selain itu tim PKM-M Punakawan UMY ini juga telah mengembangkan materi dan metode pengajaran TPA dalam bentuk modul pembelajaran

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved