Internasional

Sekelompok Bersejata Api Berondong Hotel Bintang Lima di Pakistan

Sekelompok pria bersenjata tiba-tiba masuk dan melepaskan tembakan di hotel bintang lima, hotel Pearl Continental di kota pelabuhan Gwadar, Pakistan

Sekelompok Bersejata Api Berondong Hotel Bintang Lima di Pakistan
Net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Serangan kembali menimpa sebuah hotel di wilayah kota pelabuhan Gwadar, Pakistan, Sabtu (11/5/2019).

Sekelompok pria bersenjata tiba-tiba masuk dan melepaskan tembakan di hotel bintang lima, hotel Pearl Continental di kota pelabuhan Gwadar, Pakistan barat daya, pusat proyek infrastruktur bernilai miliaran dolar yang didanai China di negara itu.

"Sebanyak empat pria bersenjata tersebut memasuki hotel Pearl Continental di Gwadar dan melepaskan tembakan," kata Menteri Dalam Negeri Provinsi Balochistan, Ziaullah Langu dikutip dari AFP.

Langu menambahkan, "mayoritas" tamu telah dievakuasi dan pasukan keamanan terlibat kontak dengan kelompok bersenjata yang diduga merupakan anggota kelompok gerilyawan.

"Namun ada laporan beberapa orang yang mengalami luka ringan," tambahnya.

Perdana Diputar, Film Boccia Ungkap Perjuangan dan Kerja Keras Atlet Disabilitas

Menurut salah seorang saksi, Mohammad Aslam, petugas di Gwadar, dia bisa mendengar suara tembakan dari lokasi serangan, menambahkan sudah tidak ada tamu di dalam hotel.

"Tidak ada tamu China maupun Pakistan di hotel, hanya ada staf yang hadir di gedung itu," ujarnya.

Belum ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Provinsi Balochistan merupakan provinsi termiskin dan terbesar di Pakistan dan menjadi tuan rumah bagi sejumlah proyek infrastruktur besar bernilai miliaran dollar di bawah Koridor Ekonomi China Pakistan (CPEC).

Proyek infrastruktur itu salah satunya untuk menghubungkan provinsi Xinjiang di China barat dengan Gwadar di Laut Arab.

Provinsi itu juga telah menjadi sasaran pemberontakan separatis, Islamis, maupun sektarian selama bertahun-tahun, yang telah mendapat perlawanan dari pasukan keamanan.

Video Dugem Viral di Medsos, Anggota Sabhara Polda Sumut Diperiksa Propam, Positif Amphetamine

Aksi kekerasan yang dilancarkan kelompok pemberontak juga kerap didasari kekecewaan penduduk yang merasa tidak merasakan keuntungan dari sumber daya provinsi.

Kekerasan di Pakistan telah menurun secara signifikan sejak serangan militan paling mematikan di negara itu, terhadap sebuah sekolah di kota Peshawar pada 2014, yang menewaskan lebih dari 150 orang, termasuk banyak anak-anak.

Namun kelompok militan masih mempertahankan kemampuan untuk melakukan serangan. Analis telah lama memperingatkan bahwa Pakistan belum mengatasi akar penyebab ekstremisme. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekelompok Pria Bersenjata Menyerbu Hotel Berbintang di Pakistan", https://internasional.kompas.com/read/2019/05/11/21583911/sekelompok-pria-bersenjata-menyerbu-hotel-berbintang-di-pakistan.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved