Kota Yogya

Kampung Cyber Yogyakarta Luncurkan Etalase Bisnis Online, Pasarkan Produk Rumahan Milik Warga

Kampung Cyber Yogyakarta Luncurkan Etalase Bisnis Online, Pasarkan Produk Rumahan Milik Warga

Kampung Cyber Yogyakarta Luncurkan Etalase Bisnis Online, Pasarkan Produk Rumahan Milik Warga
Istimewa
Peluncurkan Etalase Bisnis Online, www.kampoengcyberdaya.com, di Kampoeng Cyber untuk pasarkan produk rumahan warga 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejak kemunculan pertama kali pada 2006 silam, Kampoeng Cyber Yogyakarta mencuri perhatian Indonesia dan dunia dengan semangatnya membangun komunitas masyarakat lokal yang melek teknologi dan pemanfaatan internet.

Kampung ini memulai proses go online dengan memasang koneksi internet di tiap rumah warga. Seiring berjalannya waktu, manfaat internet semakin besar dirasakan oleh setiap warga Kampoeng Cyber Yogyakarta.

Melihat manfaat tersebut serta mengukuhkan kembali imej yang melekat pada Kampoeng Cyber, pihaknya bekerjasama dengan salah satu web-agency milik perusahaan penyedia web hosting, Niagahoster meluncurkan laman etalase bisnis pada 10 Mei 2019 lalu.

Perdana Diputar, Film Boccia Ungkap Perjuangan dan Kerja Keras Atlet Disabilitas

Antonius Sasongko, Ketua RT 36 RW 09, Kelurahan Patehan, Kampoeng Cyber mengatakan ide awal tercetusnya laman bisnis online lantaran dari banyaknya turis yang singgah untuk sekedar berfoto hingga membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yang dijajakan oleh warga sekitar.

"Beberapa warga Kampoeng Cyber merupakan pemilik usaha kecil rumahan yang memiliki bisnis keluarga yang unik dan khas Kota Yogyakarta. Melihat hal tersebut, tercetus ide untuk membuat sebuah laman etalase bisnis ini," katanya.

Website Etalase Bisnis Bersama Kampoeng Cyber ini bernama, www.kampoengcyberdaya.com.

Etalase bisnis bersama ini adalah sebuah situs yang memuat tentang katalog produk dan informasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki warga Kampoeng Cyber.

Antonius membeberkan, melek teknologi tak hanya berkaitan dengan memanfaatkan internet untuk berkomunikasi namun juga pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Praktik Prostitusi Belum Hilang, Gunung Kemukus Akan Diubah jadi Obyek Wisata Keluarga Terintegrasi

"Kami berusaha mengejar ketertinggalan dengan beradaptasi dan memanfaatkan internet juga untuk berkomunikasi dengan sesama warga, hingga mempromosikan Kampoeng Cyber ke masyarakat yang lebih luas," sebutnya.

Selain itu, hadirnya laman etalase bisnis ini disambut baik oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi & UMKM DIY yang turut hadir dalam acara launching, kemarin.

"Kami menyambut baik upaya dari Kampoeng Cyber untuk membuat UMKM go online melalui website ini. Ini merupakan percontohan agar UMKM di sektor lokal pun dapat diberdayakan melalui teknologi," kata Wahyu Tri Atmojo, Konsultan PLUT SDM Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM DIY. (Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved