Mengunjungi Ponpes Manula Masjid Agung Payaman Magelang, Usia Para Santrinya Mulai 50-100 Tahun

Ada juga yang sudah lanjut usia,usia 50 hingga 100 tahun lebih masih menjadi santri Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang

Mengunjungi Ponpes Manula Masjid Agung Payaman Magelang, Usia Para Santrinya Mulai 50-100 Tahun
Tribunjogja.com | Rendika Ferri K
Santri-santri lanjut usia Pondok Pesantren Sepuh di Masjid Agung Payaman, Kabupaten Magelang, sedang membaca ayat suci Alquran, Kamis (9/5/2019). 

"Kita semua hanya menunggu antrian, kapan dipanggil kita tidak akan tahu. Di pondok sepuh ini, para santri sepuh ingin mencari bekal yang dapat dibawa saat antrian mereka tiba. Antrian dalam hal ini adalah kematian,"

SAYUP sayup  bacaan ayat suci Alquran terdengar merdu di antara bisingnya deru kendaraan yang melintas di Jalan Magelang-Semarang. Tampak sebuah masjid di pinggir jalan yang ramai oleh orang-orang tua.

Mereka dengan khusyuk membaca kitab suci Alquran, sementara lainnya dengan khidmat menyimak. Ada juga beribadah salat, atau sekadar istirahat di serambi.

Mereka adalah para santri-santri lanjut usia dari Pondok Pesantren Sepuh di Masjid Agung Payaman, Kabupaten Magelang.

Santri memang selalu identik dengan anak-anak muda yang belajar serta mendalami agama Islam di sebuah pesantren. Mereka kebanyakan pemuda ataupun pemudi yang berusia sekitar 20-30 tahun.

Namun ternyata, tak semua santri dari anak-anak muda, ada juga yang sudah lanjut usia, dengan usia 50 hingga 100 tahun lebih yang hingga hari ini masih menjadi santri.

Seperti di Masjid Agung Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, para santri lanjut usia atau santri 'sepuh' datang dari berbagai penjuru tanah air.

Mereka belajar dan mendalami agama islam di salah satu pondok pesantren di sana, yakni di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman, Magelang.

Pendaftaran Beasiswa LPDP Kemenkeu via Beasiswalpdp.kemenkeu.go.id Klik Disini

Santri-santri lanjut usia dari Pondok Pesantren Sepuh di Masjid Agung Payaman, Kabupaten Magelang, tengah mengaji ayat suci Alquran, Kamis (9/5/2019).
Santri-santri lanjut usia dari Pondok Pesantren Sepuh di Masjid Agung Payaman, Kabupaten Magelang, tengah mengaji ayat suci Alquran, Kamis (9/5/2019). (Tribunjogja.com | Rendika Ferri K)

Layaknya santri, mereka menginap di masjid dan pondok pesantren, belajar agama islam di sana, mengaji kitab, mendengarkan kyai, menunaikan segala peribadatan, dan
menjalankan aktivitas hidup di sana.

Dari memasak, mencuci, mandi, makan, dan banyak lainnya, semua dilakukan secara mandiri, baik mondok di pondokan, atau cukup di serambi masjid.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved