Bisnis

Permintaan Uang Naik 7,6 Persen

Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI Kpw) DIY memprediksi permintaan uang akan meningkat sekitar 7,6 persen pada puasa dan Lebaran periode ini.

Permintaan Uang Naik 7,6 Persen
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Kepala KPw BI DIY, Hilman Tisnawan saat memberikan keterangan mengenai kesiapan BI dalam memenuhi kebutuhan permintaan penukaran uang oleh masyarakat, Rabu (8/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebutuhan permintaan uang kartal (logam dan kertas) dari masyarakat sepanjang bulan Ramadan dan menjelang Lebaran mendatang diperkirakan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI Kpw) DIY memprediksi permintaan uang akan meningkat sekitar 7,6 persen pada puasa dan Lebaran periode ini.

Kepala KPw BI DIY, Hilman Tisnawan mengatakan, pihaknya menyediakan Rp5,6 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Ini angka yah cukup besar karena tahun lalu kita hanya menyiapkan Rp5,2 triliun. Hitungan kita juga sudah sangat cukup karena kita sudah berkoordinasi dengan sejumlah bank," kata Hilman, Rabu (8/5/2019).

Hasil Survei G4S, Transaksi di Indonesia Masih Didominasi Pembayaran Uang Tunai

Hilman juga mengimbau kepada masyarakat umum yang membutuhkan pecahan uang kecil dan uang baru agar menukarkan ke gerai resmi yang telah disiapkan BI.

"Penukarannya gratis tidak dipungut biaya. Tidak perlu di jalan-jalan, karena selain ada cost-nya, kita kan tidak menjamin itu uangnya asli atau bagaimana," tegasnya.

Titik penukaran uang di tahun ini juga semakin diperbanyak. Dipastikan tempat penukaran akan tersebar di seluruh kabupaten/kota di wilayah DIY.

"Selain kas keliling kita juga kerjasama dengan hampir semua kantor bank. Walaupun bukan nasabah silahkan tukar, gratis. Kita harapkan masyarakat bisa nyaman," imbuhnya.

Bayar Retribusi Pedagang di 5 Pasar di Kota Jogja Ini Kini Tak Perlu Uang Tunai

Deputi Kepala KPw BI DIY, Sri Fitriani menjelaskan, pihaknya menyiapkan 92 titik penukaran uang bagi masyarakat yang membutuhkan.

Loket tersebut akan mulai melayani pada 13-29 Mei nanti pada jam operasional 09.00-13.00 Wib.

"Jadi untuk tanggal 13-24 Mei itu kita akan drivethru dengan lima bank di Balai Kota, selanjutnya pada 27-29 Mei di Senopati," kata Sri.

Selain itu, BI juga membuka loket penukaran di beberapa instansi pemerintahan dan pasar tradisional. Penukaran uang dapat dilakukan dengan jumlah Rp3,8 juta per orang. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved