Disperindag DIY Gelar Operasi Pasar Bawang Putih Kating Murah di Pasar Beringharjo

Disperindag DIY kembali menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Beringharjo, Rabu (8/5/2019).

Disperindag DIY Gelar Operasi Pasar Bawang Putih Kating Murah di Pasar Beringharjo
Tribun Jogja/ Hasan Sakri Ghozali
Operasi pasar bawang putih murah di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Rabu (8/5/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Beringharjo, yang sudah dimulai sejak Senin (6/5/2019).

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Disperindag Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, menjelaskan bahwa Diperindag DIY melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) baik TPID DIY maupun TPID Kota Yogyakarta selaku pengampu wilayah, untuk melakukan operasi pasar tersebut.

Tujuan tersebut dilakukan untuk menekan harga bawang putih yang melonjak. Misalkan di Pasar Tradisional Kotagede pada 6 Mei 2019 menyentuh Rp75 ribu per kilogram dan Pasar Tradisional Sentul yang pada 6 Mei 2019 tercatat Rp65 ribu per kilogram.

"Harga bawang putih di Yogyakarta saat ini sudah cukup membaik meski harganya masih tinggi. Ini bila dibandingkan dengan harga bawang putih di Jakarta yang mencapai Rp100 ribu per kilogram," jelasnya, Rabu (8/5/2019).

Operasi pasar di awal Ramadan ini, lanjutnya, dilakukan pihaknya yang bekerjasama dengan importir bawang putih.

Adapun stok yang disiapkan yakni sebanyak 5 ton yang dikemas per sak di mana masing-masing sak memiliki berat 20 kilogram.

"Dulu sebelum puasa kami sudah melakukan operasi pasar sejumlah 8 ton. Hari ini (kemarin) 5 ton. Pokoknya total akan ada 30 ton yang kami gelontorkan dalam operasi pasar sampai Lebaran nanti untuk menekan harga," ungkap Yunianto.

Berbeda dari operasi pasar sebelumnya, kali ini yang disediakan adalah bawang putih jenis kating yang memang memiliki peminat lebih banyak dari jenis sinco.

Ia mengatakan ketentuan dan syarat untuk membeli bawang putih dalam operasi pasar ini sama dengan yang sudah dilakukan sebelumnya, hanya sana untuk operasi pasar ini lebih menyasar kepada para pedagang.

"Jadi memang tempatnya di Pasar Beringharjo. Tapi pedagang tradisional di luar Pasar Beringharjo juga boleh beli di sini. Minimal ambil 1 sak dengan harga per kilogramnya Rp35 ribu sehingga 1 sak ini dihargai Rp700 ribu. Konsumen bisa juga beli, tapi harus 1 sak," terangnya.

Selain bawang putih, Yunianto juga menjelaskan bahwa Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Yogyakarta juga melakukan beberapa langkah untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok di pasar, salah satunya dengan melakukan operasi pasar untuk komoditas gula, minyak, dan sebagainya.

"Itu dilakukan di Beringharjo, Demangan, dan Kranggan. Stok saat ini masih aman. Jadi masyarakat diimbau tidak usah resah dan memborong komoditas tertentu untuk stok karena kami jamin harga dan stok tersedia selama Ramadan hingga Lebaran," tegasnya. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved