Pemilu 2019

Tingkat Partisipasi Pemilu 2019 di Bantul Capai 88 Persen, Lampaui Target Nasional

Tingkat Partisipasi Pemilu 2019 di Bantul Capai 88 Persen, Lampaui Target Nasional

Tingkat Partisipasi Pemilu 2019 di Bantul Capai 88 Persen, Lampaui Target Nasional
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Lakukan Monitoring, Bupati Suharsono Sebut Pemungutan Suara di Bantul Lancar dan Kondusif 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum 2019 di Kabupaten Bantul cukup tinggi, mencapai angka 88 persen.

"Secara total rata-rata, setelah kemarin Kecamatan Banguntapan masuk. Tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 mencapai 88 persen. Di atas partisipasi nasional 77.5 persen maupun target Kabupaten Bantul yang 82 persen," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho, ditemui di kantor KPU Bantul, Selasa (7/5/2019)

Partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 ini, kata Didik mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan pemilu tahun 2014 yang selesai diangka 81,2 persen.

Menurut Didik, tingginya angka partisipasi masyarakat di Kabupaten Bantul disebabkan karena akurasi data pemilih.

Kembali Molor, KPU Sleman Pastikan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Selesai Hari Ini

Proses pemutakhiran data pemilih tahun ini menurutnya dilakukan secara berulang-ulang sampai ada penetapan DPTHP-3, sehingga akurasi data pemilih semakin baik.

"Pemilih ganda semakin sedikit kemudian pemilih TMS [tidak memenuhi syarat] semakin sedikit," tuturnya.

Sebab lain, kata Didik, tingginya partisipasi masyarakat bisa juga dikarenakan sosialisasi yang dilakukan secara massif. Baik di grup-grup netizen maupun langsung ke masyarakat.

Suara Jokowi-Maruf Unggul dari Prabowo-Sandi di Kabupaten Bantul

Terkait kemungkinan apakah antusias masyarakat untuk memilih tinggi karena pemilu 2019 disatukan dengan pilpres dan pileg, menurut Didik bisa analisa disebabkan karena itu. "Namun perlu ada kajian mendalam," terangnya.

Sekadar informasi, jumlah DPTHP-3 di Kabupaten pada pemilu tahun 2019 berjumlah 707.009 pemilih. Apabila ditambah dengan DPTb maka pemilih yang seharusnya menggunakan hak suaranya di Kabupaten Bantul ada 714.169 pemilih. (Tribunjogja I Ahmad Syarifudin)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved