Pemilu 2019

KPU DIY : Sebelas Petugas Meninggal Dunia dan 48 Sakit

Paska Pemilihan Umum yang berlangsung pada 17 April 2019, sebanyak 11 petugas pemilihan dan keamanan di DIY meninggal dunia. Sementara 48 petugas lain

KPU DIY : Sebelas Petugas Meninggal Dunia dan 48 Sakit
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan saat ditemui pada Rabu (19/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA -

Petugas yang meninggal dunia tersebut terdiri dari 9 KPPS, 1 Linmas dan I PPK.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan jumlah korban meninggal dan sakit tersebut masih bersifat sementara karena hingga saat ini pihaknya terus melakukan update datanya.

"Untuk petugas ada 11 meninggal 48 yang sakit. Itu data terakhir. Tapi kita terus verifikasi datanya dan kita kirim ke Jakarta," terangnya

Dia menerangkan para petugas yang meninggal dan sakit tersebut bukan hanya dihitung pada saat pemilu berlangsung, namun sejak dia mulai bertugas pada Januari lalu.

JaDI DIY Rekomendasikan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Ditinjau Ulang

Temukan Perbedaan Jumlah Pemilih DPD dan DPR RI, Bawaslu DIY Minta KPU Lakukan Pengecekan

Beberapa petugas yang meninggal maupun sakit tersebut disebabkan karena faktor kelelahan selama penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Jadi PPK yang meninggal itu sejak dia mulai bertugas. Kalau bertugas di bulan Januari, dan di bulan Februari dia meninggalnya. Tidak hanya waktu pemungutan," terangnya.

Untuk itu, saat ini pihaknya masih terus mendata mengenai petugas pemilu yang meninggal maupun yang sakit, dimana nantinya akan diberi santunan. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved