Internasional

14 Orang yang Terjebak dalam Kebakaran Selamat Berkat Crane yang Digunakan Pemuda Ini

Seorang pemuda berusia 19 tahun yang bekerja sebagai operator mesin crane di China, menjadi pahlawan

14 Orang yang Terjebak dalam Kebakaran Selamat Berkat Crane yang Digunakan Pemuda Ini
SCMP / WEIBO via Kompas.com
Foto yang menunjukkan lengan dari mesin crane menjangkau orang-orang yang terjebak di bangunan yang terbakar di China. 

TRIBUNJOGJA.COM, FUSHUN - Setelah berhasil menyelamatkan 14 orang yang terjebak di dalam gedung yang terbakar, seorang pemuda berusia 19 tahun yang bekerja sebagai operator mesin crane di China, menjadi pahlawan.

Insiden kebakaran tersebut terjadi di sebuah gedung pusat perbelanjaan di kota Fushun, provinsi Liaoning, pada Kamis (2/5/2019) pekan lalu.

Api kebakaran muncul pada lantai dasar gedung, namun dengan cepat menjalar ke lantai di atasnya dan menimbulkan asap tebal yang menyesakkan, seperti terlihat dalam rekaman video insiden.

Melihat kebakaran tersebut, Lan Junze, yang bekerja mengoperasikan mesin crane di sebuah lokasi konstruksi di dekat tempat terjadinya insiden, bertindak cepat untuk memberikan pertolongan.

Polisi Selidiki Hubungan Penembak Sinagoge dengan Kebakaran Masjid di AS

Lan segera menjalankan truk crane yang dioperasikannya ke dekat gedung yang terbakar dan dengan kemampuannya mengoperasikan mesin tersebut, Lan mencoba menyelamatkan sebanyak mungkin orang yang terjebak di lantai atas gedung.

Selama sekitar 30 menit, Lan menggerakkan lengan crane yang dioperasikannya ke dekat jendela di lantai dua hingga tujuh gedung pusat perbelanjaan tersebut dan menurunkan orang-orang yang terjebak.

Lan mengaku dapat mendengar suara ledakan di dalam gedung dari bilik kemudinya, namun hal itu tidak dihiraukannya dan dia pun tetap melanjutkan mengoperasikan mesin crane tersebut.

"Saya hanya fokus untuk menyelamatkan orang-orang, tanpa banyak memikirkan hal lainnya," ujar Lan seperti dikutip Red Star News.

Fans Sejati, Pria Asal Turki Ini Rela Sewa Crane Demi Bisa Menonton Tim Kebanggaanya

"Tapi setelah saya mendengar orang-orang yang memuji apa yang saya lakukan, saya merasa bangga. Saya merasa jika saya sudah melakukan sesuatu yang hebat," tambahnya.

Total sebanyak 14 orang telah berhasil diselamatkan Lan dari kebakaran gedung menggunakan mesin crane yang dioperasikannya.

Sementara itu, dilansir SCMP, penyebab kebakaran masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan petugas.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemuda di China Gunakan "Crane" Selamatkan 14 Orang dari Gedung yang Terbakar"
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved