Kota Yogya

Forpi Minta OPD di Lingkungan Pemkot Yogyakarta Sosialisasikan Jam Kerja Selama Puasa

Forpi Minta OPD di Lingkungan Pemkot Yogyakarta Sosialisasikan Jam Kerja Selama Puasa

Forpi Minta OPD di Lingkungan Pemkot Yogyakarta Sosialisasikan Jam Kerja Selama Puasa
Istimewa
Awal puasa, layanan publik di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, berjalan lancar, Senin (6/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Yogyakarta yang memberikan layanan publik untuk mensosialisasikan jam kerja selama puasa kepada masyarakat.

Koordinator Forpi Kota Yogyakarta, Baharudin Kamba menjelaskan informasi jam kerja bertujuan agar masyarakat yang akan melakukan pengurusan dokumen dapat menyesuaikan sesuai dengan aturan jam kerja selama puasa.

"Hal ini penting agar tidak ada lagi masyarakat yang kecele karena pelayanan sudah tutup. Masyarakat sering kecele terutama pada hari Jumat, dimana, jam kerja sampai pada pukul 11.00 WIB," beber Kamba.

Selain jam kerja, Forpi juga mengimbau agar selama puasa berlangsung, kinerja ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta tidak menurun dan pelayanan publik tetap dilakukan seperti biasanya meskipun bulan puasa.

Seperti tahun sebelumnya jam kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta di saat puasa, pada hari Senin - Kamis mulai Pukul 07.30 - 14.45 WIB. Sementara pada hari Jumat mulai pukul 07.30 WIB - 11.00 WIB.

Pantauan di Awal Puasa, Layanan Publik OPD di Kota Yogyakarta Berjalan Lancar

Antisipasi Balap Liar Selama Ramadan, Polres Gunungkidul Tingkatkan Kegiatan Patroli di Daerah Rawan

Pengurangan jam kerja selama bulan puasa dilakukan dalam rangka guna efektivitas pelaksanaan kinerja ASN dan pelayanan publik seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN - RB) Nomor 394 Tahun 2019 Tentang Penetapan Jam Kerja pada bulan Ramadan Tahun 2019/ 1440 H.

Pada edaran itu disebutkan bagi instansi yang memberlakukan jam kerja pada Hari Senin - Kamis ditetapkan Pukul 08.00 - 15.00. Sementara hari Jumat mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.30.

Namun, ketentuan pelaksanaan lebih lanjut terkait jam kerja selama bulan Ramadan 1440 H diatur oleh pimpinan instansi pemerintah pusat dan daerah dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di tempat. (Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved