Bantul

Tangani Soal Sampah, DLH Bantul Bakal Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Tangani Soal Sampah, DLH Bantul Bakal Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Tangani Soal Sampah, DLH Bantul Bakal Gandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ari Budi Nugroho 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul merencanakan menggandeng Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk menangani persoalan sampah di desa-desa. Rencana ini akan mulai direalisasikan tahun 2020.

"Tahun 2020. Kita nanti akan memberdayakan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Karena kalau mengandalkan petugas DLH untuk menjangkau seluruh Kecamatan di Bantul, tidak mungkin," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Ari Budi Nugroho, ditemui belum lama ini.

Ari mengaku sudah meminta izin dan menyampaikan gagasan tersebut ke Bupati Bantul Drs Suharsono dan Wakil Bupati, Abdul Halim Muslih. Bahkan juga sudah menemui Polres dan Kodim Bantul. "Pada prinsipnya mereka sangat mendukung," tutur dia.

Ini Alasan Bule Asal Jerman dan Kolombia Ajak Warga Kelola Sampah

Bule Asal Jerman dan Kolombia Ajak Warga Bantul Kurangi Sampah Plastik

Ari menjelaskan Babinsa berjumlah 150 personel sedangkan bhabinkamtibmas berjumlah 75 personel, sehingga nantinya ada sekitar 225 petugas yang akan monitoring persoalan sampah di Kabupaten Bantul.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mereka diharapkan ikut berperan aktif membantu terkait permasalahan sampah di tingkat desa. "Paling tidak menegur bagi warga yang gemar membuang sampah sembarang," terangnya. (Tribun Jogja I Ahmad Syarifudin)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved