Hijrah Finansial: Hati Tenang, Hidup Bahagia

Namun tak sedikit orang yang belum paham bahkan keliru memaknai hakikat kebahagiaan.

Hijrah Finansial: Hati Tenang, Hidup Bahagia
Istimewa
Hijrah Finansial

TRIBUNJOGJA.COM - Ustadz Hilman Fauzi, Dai Nasional, Founder Teman Hijrah Indonesia menjelaskan, setiap orang pasti ingin memperoleh kebahagiaan.

Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga dan harta yang dimiliki demi mengejar hal-hal yang akan membahagiakan mereka.

Namun tak sedikit orang yang belum paham bahkan keliru memaknai hakikat kebahagiaan.

Ada yang memahami bahwa bahagia berarti berlimpahnya materi, atau melejitnya karir dan popularitas. Padahal, tidak ada jaminan bahwa mereka akan bahagia setelah memperoleh itu semua.

 Dalam Islam, setidaknya ada dua hal yang perlu digarisbawahi terkait hal ini. Pertama, kebahagiaan berpusat pada tenangnya hati.

Ketenangan hati diperoleh ketika keimanan telah terpatri dalam hatinya. Orang yang beriman akan berpegang teguh pada jalan yang telah digariskan oleh Allah dan rasul-Nya, yakni mematuhi segala perintah dan meninggalkan segala larangan.

Kedua, kebahagiaan itu semestinya membawa kepada kebaikan dan keberkahan.

Bahagia tidak selalu berkaitan dengan materi, namun materi yang dimiliki seseorang bisa mengantarkannya pada kebahagiaan jika bertambah kebaikan dan keberkahan dalam hidupnya. Ketenangan hati dan bertambahnya kebaikan dapat diperoleh seseorang lewat jalan hijrah.

 Lalu apa makna hijrah? Kebanyakan orang memahami hijrah sebagai berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun, pada hakikatnya hijrah dapat dimaknai lebih luas daripada bentuk perpindahan secara fisik semata.

Ali ibn Abi Thalib mengutip pernyataan Umar ibn al-Khattab, “Al-hijratu yufarriqu bainal haqq wal bathil.” Hijrah itu bisa membedakan antara yang benar dan yang salah. Maka hijrah tidak melulu bicara tentang tempat, namun juga kondisi seseorang, tak terkecuali kondisi finansial.

Halaman
123
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved