Kota Yogyakarta

Tunggakan BPJS Kesehatan Warga Kota Yogyakarta Perlu Dicarikan Solusi

DPRD Kota Yogyakarta mengaku siap untuk menyetujui alokasi anggaran untuk membayar tunggakan BPJS kelas III warga Kota Yogyakarta.

Tunggakan BPJS Kesehatan Warga Kota Yogyakarta Perlu Dicarikan Solusi
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPRD Kota Yogyakarta mengaku siap untuk menyetujui alokasi anggaran untuk membayar tunggakan BPJS kelas III warga Kota Yogyakarta.

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Dwi Budi Utomo menjelaskan bahwa BPJS telah memberikan peringatan terkait tunggakan tagihan warga Kota Yogyakarta yang harus segera dibayarkan.

"Kami meminta Pemkot untuk mencarikan solusi. Salah satunya agar Pemkot segera melakukan konsultasi ke pusat agar dibolehkan menganggarkan untuk membiayai tunggakan masyarakat tersebut," ucapnya, Sabtu (4/5/2019).

Teliti Soal JKN, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Raih Gelar Doktor di UGM

Ia menambahkan, ketika pihak pusat telah memberikan lampu hijau, maka DPRD Kota Yogyakarta siap untuk menganggarkan besaran biaya yang diperlukan untuk tunggakan BPJS warga Kota Yogyakarta yang ada di kelas III.

Ia menambahkan bahwa itu merupakan komitmen sejak pembahasan APBD 2019 di tahun 2018 lalu.

"Untuk besaran tunggakan, dulu Komisi D melakukan rapat dengan Dinkes pada Juni 2018 dan total tunggakan sebesar Rp 12 miliar. Setelah itu kita belum tahu," ucapnya.

Ia menambahkan, apabila tunggakan tersebut tidak dibayarkan, maka konsekuesi layanan BPJS Kesehatan bagi warga Kota Yogyakarta yang menunggak tersebut akan dibekukan dalam jangka waktu 6 bulan.

BPJS Kesehatan KC Sleman Gelontorkan Rp 241 Miliar untuk Bayar Tagihan Klaim

"Kami mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari urusan kesehatan itu urusan dasar, seharusnya secara prinsip menjadi tanggung jawab negara. Dalam kondisi ekonomi yang berat seperti sekarang, beban masyarkat harus kita ringankan," tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta telah memfasilitasi warga Kota Yogyakarta untuk ikut BPJS Kesehatan kelas III yang seluruh iuran ditanggung menggunakan APBD Kota Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved