Pemilu 2019

Sleman akan Selenggarakan PSU dan PSL pada 5 Mei

Bawaslu Sleman kembali merekomendasikan pemungutan suara ulang dan lanjutan di empat TPS.

Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bawaslu Sleman kembali merekomendasikan pemungutan suara ulang dan lanjutan di empat TPS.

Hal itu setelah ada temuan baru adanya selisih suara dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan dan masih adanya laporan masih ada pemilih yang sudah terdaftar di formulir C7 namun kehabisan surat suara.

Ketua Bawaslu Sleman Abdul Karim Mustofa memaparkan Panwascam Kalasan dan Panwascam Depok telah merekomendasikan kepada PPK KPU untuk melaksanakan PSU dan PSL di 4 TPS.

Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan di Bantul, Tingkat Kehadiran Masyarakat 75.4 Persen

"TPS yang melakukan PSU yakni TPS 43 Tamanmartani dan TPS 55 Purwomartani Kalasan. Sedangkan untuk PSL di TPS 16 Maguwoharjo dan TPS 88 Caturtunggal Depok. Mengenai pelaksanaan direncanakan pada hari Minggu, 5 Mei 2019," paparnya, Sabtu (4/5/2019).

Ibnu Darpito, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sleman menambahkan, rekomendasi PSU ini keluar setelah ada temuan baru, yakni selisih suara dalam rekapitulasi tingkat kecamatan. Pihaknya pun telah memanggil KPPS untuk klarifikasi.

"Alasan rekomendasi di TPS 43 Tamanmartani ini karena ada 18 orang yang bukan warga kalasan, tidak terdaftar DPT, DPTb dan DPK tapi menggunakan hak pilihnya. Saat itu mereka mencoblos surat suara PPWP (pemilihan presiden dan wakil presiden) dan DPR RI jadi kita merekomendasikan diadakan PSU untuk dua surat suara itu," ujarnya.

Sedangkan di TPS 55 Purwomartani saat hari H pencoblosan ada enam DPTb yang mendapat lima surat suara, di mana seharusnya mereka hanya berhak mendapatkan satu surat suara yakni cuma PPWP.

Maka dari itu, dalam PSU nanti akan dilangsungkan pencoblosan untuk empat surat suara dari DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

Belum Serahkan LPPDK ke KPU Sleman, Partai Hanura Terancam Sanksi

Sedangkan untuk PSL, di TPS 88 Caturtunggal terdapat 38 DPTb yang belum nyoblos karena kehabisan surat suara untuk PPWP.

Sedangkan di TPS 16 Maguwoharjo ada 69 Dpt dan 2 DPK yang belum nyoblos karena kehabisan surat suara empat surat suara selain PPWP.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved