Breaking News:

Perolehan Suara GKR Hemas Tergerus di Kota Yogyakarta

Penggerusan suara ini, kata Fuska, memang disebabkan oleh lawan-lawannya yang memiki basis massa yang cukup besar

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
GKR Hemas saat menggelar jumpa pers di Kantor DPD DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara di Kota Yogyakarta, calon DPD RI DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas memperoleh 98.155 suara.

Meski dari jumlah suara, GKR Hemas unggul jauh meninggalkan lawan-lawannya, namun jika dibandingkan Pemilu sebelumnya, perolehan suara ini tergerus cukup.

Hal ini pun dibenarkan oleh Humas Timses GKR Hemas, Fuska Tsani, saat ditemui TribunJogja.com seusai rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di KPU Kota Yogyakarta, Kamis (2/5/2019) lalu.

"Tahun 2014 lalu di Kota Yogyakarta setidaknya bisa mencapai 110-120 ribuan suara," katanya kepada TribunJogja.com.

Kendati demikian pihaknya mengaku puas dengan raihan ini.

Pihaknya optimis Hemas bakal kembali menjadi wakil rakyat DIY di DPD RI lima tahun mendatang.

Kisah Polwan Nyamar di Warung Kopi Esek-esek, Pakai Wig Kenakan Baju Minim Aduhai

Penggerusan suara ini, kata Fuska, memang disebabkan oleh lawan-lawannya yang memiki basis massa yang cukup besar saat ini, baik di Kota Yogyakarta maupun wilayah Kabupaten lain.

Lawan lain yang cukup memberi perlawanan yakni dua caleg yang diusung oleh dua organisasi islam besar. Disisi lain, lawan inkumben juga memiliki pengaruh besar terhadap suara yang diraih olehnya.

GKR Hemas sendiri di Kota Yogyakarta unggul jauh dengan memperoleh 98.155 suara selisihnya mencapai 71.826 suara dibandingkan caleg dibawahnya.

Suara terdekat yang menempel yaitu caleg bernomor urut 30 yakni Muhammad Afnan Hadikusumo dengan 26.329 suara.

Diikuti oleh Chang Wendriyanto dengan 23.838 suara. Cholid Mahmud menguntit dengan 21.897 suara, menyusul 20.459 suara yang dikumpulkan oleh Arif Noor Hartanto, serta Hilmy Muhammad dengan 14.641 suara.

Sementara perolehan caleg DPD RI DIY lain Fidelis I Diponegoro berhasil mengumpulkan 11.371 suara. Hafidh Asrom dengan 11.079 suara. Dengan tiga perolehan suara terbawah yakni Bambang Soepijanto, Yohanes Widi Praptomo dan Bachrul Ulum dengan raihan secara berurutan 9.354 suara, 8.318 suara dan 2.732 suara.

Hasil ini dari total jumlah suara sah sebanyak 248.173 dan suara tidak sah sebanyak 19.339 suara. Untuk jumlah pemilih (DPT, DPTb dan DPK) sebanyak 324.615 pemilih dan yang menggunakan hak pilih sebanyak 267.512 pemilih.

Jalur Kereta Api Kedundang Hingga Yogyakarta International Airport Ada yang Melayang

Lewat hasil ini tentu menjadi kabar baik, menyusul GKR Hemas juga unggul jauh di Kulon Progo dengan raihan 127.275 suara yang juga unggul jauh dari calon dibawahnya yakni Hilmy Muhammad dengan 43.595 suara disusul Muhammad Afnan Hadikusumo dengan raihan 20.810 suara.

"Kami tim GKR Hemas mengucapkan terimaksih kepada warga Yogyakarta yang tetap mempercayakan keterwakilannya kepada GKR Hemas," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved