Nasional

Menhub Usulkan Peresmian Operasi Perdana YIA Pertengahan Mei

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis kehadiran Yogyakarta International Airport (YIA) alias Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) akan me

Menhub Usulkan Peresmian Operasi Perdana YIA Pertengahan Mei
Tribunjogja.com | Singgih Wahyu N
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis kehadiran Yogyakarta International Airport (YIA) alias Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) akan menjadi prasarana aksesibilitas yang bagus bagi turis.

Hal itu diungkapkannya saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau perkembangan pembangunan YIA, Sabtu (4/5/2019).

Budi mengatakan, Wapres mengapresiasi pembangunan bandara ini karena selain berpenampilan baik, convenient (nyaman), modern, pembangunannya juga cepat.

Hal itu menjadi penyemangat pihaknya untuk segera merealisasikan operasi penerbangan di YIA.

JK: YIA Bandara Termodern di Indonesia

Pada tahap awal, beberapa maskapai penerbangan yang akan beroperasi.

Adapun untuk jadwal peresmian telah diusulkannya pada Presiden Joko Widodo agar bisa dilakukan pada pertengahan Mei 2019.

"Ini memacu kita bekerja lebih baik. Insyaallah tanggal 6 Mei ada Citilink dan tanggal 10 Batik atau Lion. Kita mengusulkan pada Presiden, tanggal belas-belasan ini untuk diresmikan," kata Budi Karya.

Ia menyebut, bandara di Kulon Progo ini akan dioperasikan bersamaan dengan Bandara Adisucipto Yogyakarta.

Rampungnya pembangunan sebagian konstruksi di YIA memungkinkan untuk menampung pemindahan sebagian operasi penerbangan di Yogyakarta.

Wapres Mendarat di YIA

Demikian juga ketika pembangunannya rampung menyeluruh di Desember 2019 sehingga masyarakat punya pilihan fasilitas.

Masyarakat dari DIY bagian timur hingga Klaten dan sekitarnya bisa mengakses penerbangan melalui Bandara Adisucipto.

Sedangkan masyarakat DIY bagian barat, termasuk Wates serta Magelang dan Purworejo di Jawa Tengah bisa menggunakan Bandara YIA.

"Harapannya tentu kita akan menjadikan bandara ini sebagai prasarana aksesibilitas turis. Jangka pendek kita harapkan saat Lebaran yang biasanya susah cari slot, bisa melalui sini. Ini akan banyak membantu pergerakan masyarakat dari Jakarta ke Jawa bagian selatan," kata Budi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved