Melodia Music Kerap Jadi Rujukan Para Musisi Ternama Tanah Air Berburu Alat Musik

Alat-alat musik keluaran Melodia menjadi salah satu andalan banyak musisi handal di tanah air.

Melodia Music Kerap Jadi Rujukan Para Musisi Ternama Tanah Air Berburu Alat Musik
dok.pri/ist
Re-opening Toko Musik Melodia di Yogyakarta, Sabtu (4/5/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa alat-alat musik keluaran Melodia menjadi salah satu andalan banyak musisi handal di tanah air.

Sebut saja seperti Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Piyu hingga Dewa Budjana kerap berburu alat-alat musik di gerai yang pertama kali berdiri di Surabaya pada 1980 ini.

Grup band sekelas Dewa 19, Padi, Gigi, Sheila on 7, Kla Project hingga Jikustik tercatat pernah merasakan tumbuh bersama Melodia dengan alat-alat musik tak biasa keluaran gerai musik legendaris ini.

Di Yogyakarta, toko musik Melodia berlokasi di kawasan Langensari.

Di gerai musik ini, kita akan bisa melihat hal-hal menarik yang mungkin baru pertama ada di Yogyakarta.

Setiawan Winarto, sang pemilik toko musik Melodia, menceritakan di tahun 90-an tokonya memang selalu jadi tujuan para musisi ternama untuk membeli alat musik.

Keunikan alat-alat yang diusung Melodia dan terbilang tak biasa di pasaran, menurut Setiawan, menjadikan toko musik ini jadi rujukan para musisi untuk mengulik dan bereksplorasi karya-karya terbaru.

“Sejak dulu kami memang dikenal beda, merk-merk dan jenis alat musik yang kami bawa sengaja berbeda dengan yang ada di pasaran biasanya. Keunikan itu yang kemudian membuat teman-teman musisi selalu datang ke kami, ya dasarnya pertemanan sampai sekarang terus berjalan,” katanya pada acara re-opening gerai Melodia di Yogyakarta, Sabtu (4/5/2019).

Kota Yogyakarta pun menurut Setiawan memiliki ikatan tersendiri bagi Melodia Musik yang sejak lama berelasi dengan Sheila on 7 atau Jikustik sejak belasan tahun silam.

Namun, di luar itu Melodia menurut dia ingin menjadi rumah kedua bagi musisi di Yogyakarta dan memberikan ruang tampil bagi musisi dari berbagai segmentasi.

“Kalau ingin mudah kami bisa jualan online saja tinggal di depan komputer selesai untung besar, tapi kemudian kami berpikir ingin memberikan timbal balik pada teman-teman di Yogyakarta agar bisa berkembang maju seperti Sheila on 7 dan Jikustik. Mereka (musisi baru) butuh ruang tampil dan kami ingin menjadi rumah kedua bagi mereka,” sambung dia.

Di Yogyakarta, sebagai wujud keseriusan menampilkan hal berbeda sekaligus inovatif, Melodia tak hanya membawa alat-alat musik saja membawa kendaraan listrik Segway Ninebot dan Samsung Harman untuk menjangkau lifestyle masyarakat urban.

Trend menggunakan skuter listrik untuk mobilitas harian coba dikenalkan ke masyarakat Yogyakarta yang diharapkan jadi gaya hidup.

Sebagai wujud komitmen memajukan musik di Yogyakarta dan memberikan banyak peluang berkesenian pada generasi muda, Melodia memberikan enam gitar untuk anak-anak di Panti Asuhan Griya Kasih Victory Yogyakarta.

“Kami berharap anak-anak yang mungkin kurang beruntung ini bisa punya peluang mengembangkan bakat yang nantinya harapannya bisa memperbaiki kehidupan,” pungkas Setiawan. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved