Nasional

JK: YIA Bandara Termodern di Indonesia

Wakil Presiden Repunlik Indonesia, Jusuf Kalla menilai Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulin Progo bakal jadi bandara termodern di

JK: YIA Bandara Termodern di Indonesia
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla meninjau proyek pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Sabtu (4/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Wakil Presiden Repunlik Indonesia, Jusuf Kalla menilai Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulin Progo bakal jadi bandara termodern di Indonesia.

Hal itu diungkapkkannya ketika meninjau bandara baru tersebut, Sabtu (4/5/2019).

"Bagus dan cepat. Ini jadi bandara termodern di Indonesia. luar biasa. Baru selesai 50 persen saja sudah begini apalagi kalau sudah selesai," kata Jusuf Kalla.

Wapres Mendarat di YIA

Ia bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menjajal pendaratan di landasan bandara baru ini menggunakan pesawat kepresidenan pada hari itu.

Menurut pengakuan JK, runway YIA sangat bagus dan pendaratan terasa mulus.

"Pendaratan terasa mulus dan baik," kata JK.

Menurutnya, bandara ini akan menjadi bandara internasional pada akhir tahun nanti seiring rampungnya pembangunan secara keseluruhan.

Bukan hanya melayani rute penerbangan internasional di tingkat regional atau kawasan saja, diharapkannya juga rute-rute internasional lintas lebih luas.

YIA Harus Jadi Ikon Konektivitas Joglosemar

"Buka. Hanya internasional yang dekat tapi yang lebih jauh lagi," kata JK.

Dia berharap adanya bandara ini akan memajukan wilayah DIY dan Jawa Tengah bagian selatan lebih baik baik lagi.

Infrastruktur untuk aksesibilutas juga akan dibangun sebagai pendukung sehingga konektivitas lebih baik lagi. Termasuk lintas moda transportasi seperti kereta.

"Nanti prasarana pasti dibuat dengan baik. Termasuk kereta dan jalan raya. Tapi bukan tol, supaya rakyat bisa menjual barang-barangnya," pungkas JK.

Setelah peninjauan itu, Wapres langsung melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke Yogyakarta.

Ia dijadwalkan mengisi acara di UNY.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved