Pemilu 2019

PSI Lolos Parlemen DIY, Pengamat: Patut Ditunggu

Melenggangnya PSI menuju kursi DPRD DIY menjadi investasi yang cukup penting bagi partai pendatang baru tersebut untuk Pemilu mendatang.

PSI Lolos Parlemen DIY, Pengamat: Patut Ditunggu
internet
logo PSI 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengajar Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP), Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Mada Sukmajati menilai, melenggangnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menuju kursi DPRD DIY menjadi investasi yang cukup penting bagi partai pendatang baru tersebut untuk gelaran Pemilu mendatang.

Menurutnya, metode kampanye yang menyasar kaum muda dengan memberikan sejumlah program pembeda diantara partai kontestan lain menjadi salah satu faktor keberhasilan PSI merebut satu kursi legislatif.

Namun demikian, Mada memandang, lolosnya PSI akan menjadi tantangan bagi partai tersebut untuk membuktikan sejumlah program yang ditawarkan ketika pelaksanaan kampanye lalu.

"Karena cara berorganisasi partai dan berkampanye dengan cara berpolitik di parlemen itu hal yang beda. Makanya patut kita tunggu dan melihat sejauh mana upaya yang dilakukan dalam menterjemahkan cara dia berpolitik dalam proses pembuatan kebijakan publik," jelas dia saat dihubungi Tribunjogja.com, Jumat (3/4/2019).

Mada menjelaskan, upaya pelaksanaan janji-janji kampanye serta proses mengawal pemerintahan yang bersih di parlemen laiknya jargon PSI, juga tidak terlepas dari jumlah kursi partai yang terdapat di legislatif.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini Live di MNCTV, RCTI dan beIN Sport, Ada Liverpool, MU Ditutup Man City

"Kalau cuman satu, sejauh mana bisa mempertahankan diri, bagaimanapun juga dalam politik kan mesti ada kompromi dan negosiasi. Ini yang kemudian menjadi tantangan dan bergabung dengan fraksi mana dia," ujarnya.

Lebih lanjut Ia berpendapat, partai juga mesti harus mampu menunjuk sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut, sehingga sumber daya yang diusung mampu memberikan kontribusi yang signifikan dengan harapan masyarakat.

THR Lebaran, Kenaikan Gaji PNS dan Jam Kerja PNS Selama Bulan Ramadhan 1440 H/2019

"Banyak faktor sebenarnya melihat bagaimana sepak terjangnya mereka kedepan. Di lain hal sifat kelembagaan DPRD DIY kan juga berbeda dengan daerah lain karena status daerah otonomi khusus, itu juga jadi tantangan," urainya.

Dengan demikian, peran partai dalam proses mengawal dan menjaga integritas sosok yang ditunjuk, kata Mada menjadi vital.

PSI diharapkan mampu memberikan asupan-asupan berupa pelatihan dan pengembangan sumber daya agar mampu bersaing dan kompeten di legislatif. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved