Pengakuan Pilot Citilink Kali Pertama Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

YOGYAKARTA International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulon Progo

Pengakuan Pilot Citilink Kali Pertama Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

YOGYAKARTA International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulon Progo akhirnya benar-benar didarati pesawat terbang komersil, Kamis (2/5/2019).

Maskapai penerbangan Citilink mendarat mulus di landasan pacu alias runway bandara baru tersebut.

Pesawat berjenis Airbus A320 bernonor registrasi PK-GQQ menyentuh aspal runway YIA sekitar pukul 12.01. Sebelumnya pesawat ini menempuh perjalanan dari Bandara International Soekarno Hatta (CGK) di Cengkareng, Tangeranv nomor penerbangan QG3361 selama sekitar 60 menit.

Adapun para pilot penerbang pesawat itu yakni Capt. Agus Setiono yang didampingi Capt. Teguh Kristiono dan Capt. Muh. Ali Imron dengan membawa sekitar 11 orang terdiri atas pramugari, kru teknik, dan perwakilan dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

"Pendaratan mulus sekali. Kondisi cuaca bagus dan landasannya bertaraf internasional. Tidak perlu mengerem (mendadak)," kata Agus Setiyono.

Pendaratan ini merupakan bagian dari proving flight atau uji coba operasional guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru, dalam hal ini kaitannya dengan pengoperasian bandara baru..

THR Lebaran, Kenaikan Gaji PNS dan Jam Kerja PNS Selama Bulan Ramadhan 1440 H/2019

Citylink direncanakan bakal mengoperasikan pesawatnya secara komersial di YIA pada 6 Mei mendatang untuk rute Bandara Halim Perdana Kusumah (HLP) ke YIA.

Agus mengatakan, saat proses penerbangan itu hampir tidak ada rintangan (obstacle) hingga sampai saat touchdown (roda pesawat menyentuh permukaan landasan).

Hanya ada sedikit rintangan dan croswind atau angin yang memiliki komponen tegak lurus terhadap garis atau arah perjalanan pesawat. Itupun kecepatan angin hanya 5 knots sehingga tidak mempengaruhi aerodinamika pesawat.

Andita Lela Karlita Pesinetron Tukang Ojek Pengkolan Ini Pilih Jaga Warung Kopi, Begini Alasannya

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved