Breaking News:

Pendidikan

Pameran Seni 'Arus Pijar,' Wadah Salurkan Bakat dan Kreativitas Siswa SMKN 5 Yogyakarta

Pengambilan tema Arus Pijar ini karena ingin memberikan pandangan baru kepada masyarakat umum mengenai sisi lain dari seni.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
para pengunjung saat menikmati pameran seni yang diselenggarakan oleh SMKN 5 Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seni merupakan manifestasi keindahan yang diungkapkan oleh pencipta melalui suatu karya seni, baik seni lukis maupun seni rupa lainnya.

Visualisasi karya seni dalam setiap media merupakan hasil renungan seniman untuk memperoleh berbagai aktivitas dengan eksplorasi kreativitas dalam ruang dimensi karya seni.

Beragam seni tersebut dituangkan dalam bentuk Pameran Karya Tugas Akhir bertajuk 'Arus Pijar' yang digelar oleh SMKN 5 Yogyakarta pada Jumat (3/5/2019).

Arus merupakan aliran suatu masa, sedangkan pijar merupakan pancaran cahaya yang dapat menuntun ke arah tujuan.

SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta Adakan Bursa Kerja 2019

Ketua Panitia Fauzi Fathurahman mengatakan, pengambilan tema Arus Pijar ini karena ingin memberikan pandangan baru kepada masyarakat umum mengenai sisi lain dari seni.

"Sebagai siswa yang belajar di bidang seni dan kerajinan, maka kreativitas sangat dibutuhkan. Lewat pameran ini merupakan wadah kami untuk menyalurkan bakat dan kreativitas," ujarnya.

Ratusan karya seperti lukisan, instalasi, kerajinan, batik, tersebut merupakan hasil karya siswa Jurusan Animasi, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Tekstil, Jurusan Kulit, Jurusan Keramik, Jurusan Logam dan Jurusan Kayu.

Pameran ini memperkenalkan ruang seni rupa dan seni kriya yang akan mengikuti perkembangan zaman dengan mempertemukan apresiasi maupun persepsi seni rupa dan kerajinan dalam bingkai independensi kreativitas.

Hasta Karya Siswa SMKN 5 Yogyakarta akan Dipamerkan di Malaysia

"Kami berharap pameran tugas akhir ini mampu menjadi oase yang menyegarkan terutama untuk adik kelas kami agar kreatif dan inovatif," tuturnya kepada Tribunjogja.com

Sementara itu Kepala SMKN 5 Yogyakarta, Yusuf Supriyanto menambahkan, pameran seni ini merupakan salah satu implementasi pembelajaran bagi siswa kelas XII.

"Kami merasa bertanggung jawab terhadap pelestarian budaya yang ada di Yogyakarta. Maka pameran ini menjadi implementasi pembelajaran terutama bagi siswa kelas XII untuk membuat karya dan bisa memamerkan kepada masyarakat," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved