Rekapitulasi Suara Tingkat Kota Yogyakarta Telah Rampung, PSI Kantongi 1 Kursi di DPRD DIY

Partai besutan Grace Natalie tersebut mengumpulkan 14.351 suara yang menjadi tiket melengang ke DPRD DIY.

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Sejumlah saksi menandatangani plano yang ditempel di papan pengumuman di KPU Kota Yogyakarta setelah proses rekapitulasi selesai dilaksanakan, Kamis (2/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses penghitungan suara di tingkat kota Yogyakarta telah selesai dilakukan pada Kamis (2/5/2019) sore.

Sejumlah saksi dan juga PPK yang hadir untuk mengikuti proses rekapitulasi yang telah berlangsung selama tiga hari tersebut, menutup kegiatan dengan bertepuk tangan sembari melepaskan kelegaan.

Kebahagiaan juga pantas dirasakan oleh partai pendatang baru, dalam hal ini Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipastikan mengantongi 1 kursi di DPRD DIY.

Pada Pemilu 2019 ini telah ditetapkan sebelumnya bahwa kursi DPRD DIY untuk Dapil Kota Yogyakarta total adalah 7 kursi.

Partai besutan Grace Natalie tersebut mengumpulkan 14.351 suara yang menjadi tiket melengang ke DPRD DIY.

Meski perolehan suara tersebut berada di urutan ke tujuh atau terakhir dari jumlah kursi DPRD DIY untuk Dapil Kota Yogyakarta, namun nyatanya ia mampu berada di atas Partai Golkar yang mengantongi 12.370 suara.

Selain PSI, legislator lain yang melaju ke tingkat provinsi yakni dari Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang masing-masing menyabet 1 kursi.

Sementara untuk perolehan kursi terbanyak untuk DPRD provinsi didapatkan oleh PDI-P dengan 3 kursi.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyelesaikan rekapitulasi suara untuk 14 kecamatan.

Rekapitulasi hari pertama untuk 10 kecamatan, hari kedua 3 kecamatan, dan hari ketiga atau kemarin 1 kecamatan yakni Umbulharjo.

"Umbulharjo harus dipending di hari terakhir karena kami perlu mencermati data, dan Alhamdulillah 14 kecamatan telah selesai hari ini (kemarin). Walau memang ada beberapa kesalahan salah memasukkan nama pada kolom, kami maklumi mungkin karena kelelahan melihat di Umbulharjo ada 7 kelurahan," bebernya, kepada wartawan di sela-sela proses rekapitulasi.

Ia mengatakan bahwa penetapan kursi masih akan berlangsung pada 7-9 Mei. Hidayat juga mengatakan, bahwa partisipasi pemilih untuk calon presiden dan wakil presiden telah melampaui target nasional.

"Partisipasi pilpres 84,9 persen bagian dari pencapaian target tertinggi sepanjang pemilu. Kita tetapkan 77,5 persen dan sekarang bisa tercapai 84,9 persen," tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved