Kisah Gelap Blackwater

Menguak Blackwater, Penyedia Tentara Bayaran yang Menjadi Raksasa Bisnis Perang

Erik Prince, pendiri Blackwater, bekas perusahaan kontraktor keamanan swasta AS, mengajukan proposal perekrutan 5.000 serdadu bayaran

Menguak Blackwater, Penyedia Tentara Bayaran yang Menjadi Raksasa Bisnis Perang
NET
Tentara Bayaran Blackwater 

Doktrin Rumsfeld Membuat Blackwater Jadi Raksasa Bisnis Perang

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAErik Prince, pendiri Blackwater, bekas perusahaan kontraktor keamanan swasta AS, mengajukan proposal perekrutan 5.000 serdadu bayaran guna mendongkel Presiden Venezuela, Nicolas Maduro.

Proposal itu diajukan ke elite pemerintahan Presiden Donald Trump, dan samar-samar sejalan dengan rencana aksi militer Washington ke Venezuela. Kemunculan Erik Prince ini membuka kisah lama nan seram menyangkut operasi rahasia Blackwater di Irak dan Afghanistan.

Simak artikel sebelumnya :

Pendiri Blackwater Usul Rekrut 5.000 Serdadu Bayaran untuk Gulingkan Maduro

Kegelapan yang menyelimuti Blackwater dikuak blak-blakan oleh Jeremy Scahill dalam bukunya, “Blackwater: Membongkar Keterlibatan Tentara Bayaran Dalam Invasi Militer Amerika Serikat (Mizan, 2010).

Buku yang mengulas tentang sepak terjang 'Blackwater'
Buku yang mengulas tentang sepak terjang 'Blackwater' (Tribun Jogja)

Cerita panjang dalam artikel berseri ini dinukilkan dari buku tersebut.

Menurut catatan Jeremy Scahill, ia tidak mendapatkan konfirmasi dari Blackwater hingga karyanya naik cetak. Blackwater hanya mengirimkan balasan ucapan terima kasih  telah dikirimi surat.

Secara kelembagaan, Blackwater dibubarkan menyusul skandal pembunuhan kejam 17 warga sipil Irak di Nizour Square, Baghdad pada 16 September 2007.  Erik Prince lalu membuat perusahaan baru yang sejenis bernama Xe Services pada 2009.

Kontraktor keamanan ini berganti nama lagi pada 2011 menjadi Academi. Sejak 2014, Academi merger bersama sejumlah usaha lain dalam Consteliss Holding. Inti bisnis mereka tetap sama, kontraktor keamanan swasta dan layanan berisiko lainnya.

Erik Prince memulai bisnisnya sejak 1997 bersama Al Clark. Mereka mendirikan Blackwater USA sebagai pusat pelatihan jasa keamanan di daerah rawa-rawa North Carolina. Kliennya tak hanya kalangan sipil, instansi militer AS juga ikut memanfaatkan program Blackwater.

Halaman
123
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved