Jelang Bulan Puasa, Bappebti Pastikan Harga dan Pasokan Bahan Pokok di Yogyakarta Stabil dan Aman

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan harga bahan pokok di Yogyakarta relatif stabil

Jelang Bulan Puasa, Bappebti Pastikan Harga dan Pasokan Bahan Pokok di Yogyakarta Stabil dan Aman
dok.istimewa
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan pemerintah daerah melakukan pantauan harga bahan pokok di Pasar tradisional di Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melakukan tinjauan lapangan terkait harga pangan yang ada di masyarakat.

Berdasarkan hasil pemantauan pada Kamis (2/5/2019) di Yogyakarta, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan harga bahan pokok di Yogyakarta relatif stabil.

"Hasil pantauan kita, harga barang kebutuhan pokok relatif stabil, bahkan beberapa komoditas cenderung turun. Komoditas seperti bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit harganya turun," sebutnya kepada media.

"Harga beras stabil. Sedangkan harga bawang putih juga sudah mulai mengalami penurunan jika dibandingkan beberapa minggu lalu, walaupun belum kembali pada kondisi harga normal kurang lebih Rp.25.000 per kg di tingkat eceran," tambah Wisnu.

Dari pantauan, harga di Pasar Beringharjo, Yogyakarta untuk beras medium Rp9.250/kg—Rp10.000/kg, beras premium Rp10.500—12.500/kg, minyak goreng curah Rp10.000/liter, gula pasir Rp12.500/kg.

Cabai merah keriting Rp15.000/kg, telur ayam ras Rp24.000/kg, daging ayam ras Rp 34.000/kg, daging sapi Rp115.000/kg, bawang merah Rp25.000—Rp27.000/kg, bawang putih honan Rp45.000—Rp50.000, dan bawang putih kating Rp50.000—Rp55.000.

Untuk menurunkan harga bawang putih yang harganya masih relatif tinggi, Kemendag sudah memanggil para importir bawang putih dan para importir telah diminta untuk mengeluarkan stok bawang putih untuk dijual melalui mekanisme operasi pasar.

Upaya ini perlahan telah menurunkan harga bawang putih. Di Yogyakarta sendiri, operasi pasar bawang putih sudah dilakukan sebanyak 8 ton pada tanggal 27 April 2019.

Selanjutnya, akan dipasok bawang putih tambahan ke Pasar Beringharjo untuk memenuhi kebutuhan para pedagang sehingga diharapkan harga bawang putih dalam satu hingga dua minggu ke depan dapat segera terkoreksi kembali mengingat saat ini bawang putih yang diimpor sudah mulai masuk ke pelabuhan.

Sementara itu dalam rapat koordinasi bersama pemerintah daerah, Wisnu menyampaikan agar pemda setempat wajib menyediakan beras dengan kualitas medium untuk masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved