Kota Yogya

Wakil Wali Kota Yogya Minta Pekerja Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Perayaan Hari Buruh atau May Day yang mengangkat tema May Day is Family Day di Halaman Balai Kota Yogyakarta berlangsung meriah, Rabu (1/5/2019).

Wakil Wali Kota Yogya Minta Pekerja Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat melepas peserta gerak jalan dalam peringatan May Day di Balaikota Yogyakarta, Rabu (1/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perayaan Hari Buruh atau May Day yang mengangkat tema May Day is Family Day di Halaman Balai Kota Yogyakarta berlangsung meriah, Rabu (1/5/2019).

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa saatnya para pekerja melakukan upgrade ilmu dan skill menyongsong era revolusi industri 4.0.

"Revolusi industri 4.0 ini merupakan tantangan. Di mana yang tadinya dikerjakan oleh manusia tergantikan oleh mesin. Harapannya dengan revolusi industri 4.0 ini tidak mereduksi pekerja. Ini tantangan bagi kita semua untuk bisa menyongsong era baru ini," jelasnya.

Sejumlah Landmark Dunia Tersaji di Merapi Park Sleman

Ia pun mencontohkan Jepang yang sudah masuk era revolusi industri 5.0 yang tetap melakukan pendekatan humanis terhadap pekerja.

Hal tersebut lantaran tidak semua pekerjaan bisa digantikan oleh mesin melainkan tetap butuh campur tangan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

"Maka kita harus bisa meningkatkan SDM dan memperbaiki kualitasnya. Kami harap dalam May Day ini jadi momentum meningkatkan kekompakan untuk kemajuan usaha dan Kota Yogyakarta," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Heroe juga berharap agar para buruh senantiasa mendapatkan kesejahteraan.

Hal tersebut tak lepas dari peran serta perusahaan untuk bisa memberikan hak-hak para pekerja.

"Ketika hak-hak mereka terpenuhi, maka pekerja dapat meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan Kota Yogyakarta kaitannya dengan SDM sehingga mereka memiliki daya saing di sektor jasa," imbuhnya.

Selain Upah Layak dan Cabut PP 78 Tahun 2015, Ini Tuntutan Buruh di Yogyakarta dalam May Day 2019

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved