Peringatan May Day

Sepanjang Malioboro, Ada Tiga Massa Aksi di Peringatan Hari Buruh di Yogyakarta

Sepanjang Malioboro, Ada Tiga Massa Aksi di Peringatan Hari Buruh di Yogyakarta

Sepanjang Malioboro, Ada Tiga Massa Aksi di Peringatan Hari Buruh di Yogyakarta
Tribun Jogja/Wahyu Setiawan Nugroho
Sejumlah massa saat menyuarakan aksi di sepanjang jalan Malioboro hingga titik Nol Kilometer memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Sedikitnya ada tiga massa demonstrans dalam peringatan Hari Buruh Internasional di Yogyakarta yang terpusat di sepanjang jalan Malioboro hingga Nol Kilometer Yogyakarta.

Ketiganya memanfaatkan jalan utama Malioboro hingga titik Nol Kilometer sebagai tempat menyampaikan aspirasi.

Puluhan massa dari ketiga aksi ini berdatangan hampir bersamaan. Dari pantauan TribunJogja.com, masing-masing massa berdatangan hanya berselang 15-20 menit.

Massa pertama yang datang yakni berasal dari Komite Aksi May Day 2019 yang merupakan gabungan dari beberapa serikat pekerja seperti Serikat Pekerja Nasional, mereka tampak melakukan pawai menggunakan satu kendaraan roda empat dan puluhan motor.

Buruh Gendong dan Pekerja Rumah Tangga Tuntut Dapatkan Pengakuan dan Perlindungan dari Pemerintah

Seperti Ini Tradisi dan Peringatan Hari Buruh di Sejumlah Negara di Dunia

Aksi mereka bermula dari titik parkir Abu Bakar Ali dan melakukan orasi di titik Nol Kilometer dari sebelumnya sempat berhenti di depan Gedung Agung.

Sementara itu, massa kedua berasal dari Aliansi Rakyat Untuk Satu Mei atau disingkat Arus. Mereka melakukan long march di jalan Malioboro dan melakukan orasi di depan Gedung Agung.

Massa ini merupakan massa gabungan dari KPR, P3S, Serbuk, LMND, PRD, SBSI hingga Sekber.

Massa ketiga merupakan massa yang menyuarakan keadilan bagi pekerja disabilitas. Massa ini didominasi oleh gabungan gerakan mahasiswa Yogyakarta di antaranya berasal dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.(Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved