Pemilu 2019

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Bantul Ditargetkan Selesai 3 Mei

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Bantul Ditargetkan Selesai 3 Mei

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Bantul Ditargetkan Selesai 3 Mei
Tribun Jogja/Amalia Nurul Fathonaty
Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Bantul hari kedua, Rabu (1/5/2019) di Kantor KPU Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Bantul masih berlangsung pada Rabu (1/5/2019) di Kantor KPU Bantul.

Proses ini dimulai sejak Selasa (30/4/2019) dan ditargetkan rampung pada 3 Mei.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bantul Mestri Widodo menjelaskan, setiap kecamatan membutuhkan waktu hingga ratusan menit dalam merekapitulasi hasil.

Pada hari pertama kemarin, kata Mestri, untuk Kecamatan Bambanglipuro membutuhkan waktu hingga 200 menit.

Data KPU Sleman : 4 Anggota KPPS Meninggal dan 11 Petugas KPPS Sakit

"Satu, Kecamatan Bambanglipuro memang membutuhkan waktu 200 menit. Satu hal yang terjadi pada saat proses rekap, fotokopi tidak ada jadi ditulis manual. Tapi ricek data secara keseluruhan, Bambanglipuro temuan datanya bisa dijelaskan dengan baik," terangnya.

Pada hari kedua, terpantau oleh Tribun Jogja, rekapitulasi dilakukan untuk Kecamatan Pajangan. Waktu yang dibutuhkan pun juga lumayan lama. "Ini juga sudah 100 menit lebih," kata Mestri.

Soal adanya pergeseran suara, Mestri memastikan hal tersebut tidak terjadi. "Lebih banyak soal administratif, pergeseran suara nggak ada. Jadi kecurigaan soal kecurangan surat suara tidak terbukti," tuturnya.(Tribunjogja I Amalia Nurul Fathonaty)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved