Kulon Progo

Pesawat dari YIA Diarahkan Terbang ke Checkpoint GUDEG

Khusus untuk YIA, arah terbang pesawat diarahkan pada checkpoint baru berkode GUDEG pada jarak 30 nautical mile (mil laut) di ke arah selatan.

Pesawat dari YIA Diarahkan Terbang ke Checkpoint GUDEG
IST
Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Yogyakarta International Airport (YIA) dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan beroperasi berbarengan ke depannya.

Meski jaraknya cukup dekat, operasi penerbangan keduanya dipastikan tidak akan saling bersinggungan.

Hal itu menurut General Manager AirNavigation (AirNav) Indonesia Cabang Yogyakarta, Nono Sunariyadi lantaran kedua memiliki instumen flight procedure (IFP) yang independen serta berbeda satu sama lain.

Sejumlah Landmark Dunia Tersaji di Merapi Park Sleman

Ini menjadi panduan prosedur standar bagi pesawat untuk lepas landas (take off) maupun mendarat landing) di masing-masing bandara.

Khusus untuk YIA, arah terbang pesawat diarahkan pada checkpoint baru berkode GUDEG pada jarak 30 nautical mile (mil laut) di ke arah selatan, tepatnya di atas laut selatan dengan ketinggian 8.000 kaki.

Prosedur ini berlaku untuk proses take off maupun landing.

"Jadi, semua pesawat yang akan masuk YIA rutenya nanti diposisikan di titik itu dulu baru kemudian mendarat. Kami sudah susun standart departure dan arrival dalam IFP YIA secara independen, terpisah dari Adisutjipto," kata Nono Sunariyadi, Selasa (30/4/2019).

Pesawat yang baru saja lepas landas dari YIA juga akan dipandu menuju titik itu sebelum menempuh rutenya ke tujuan.

Untuk landing dan take off, tidak diarahkan ke sisi utara karena terdapat deretan Perbukitan Menoreh dengan kontur area tidak merata sehiingga berpotensi menimbulkan hazard (gangguan) untuk operasi pesawat yang terbang rendah.

Hal itu sekaligus juga menjadi bentuk pemisahan dengan jalur terbang pesawat dari Adisucipto maupun jalur penerbangan aktif dari pesawat militer TNI AU.

Empat UMKM Dari Bantul Buka Gerai di YIA

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved