Kota Yogya

Pemenuhan Gizi Sejak Dalam Kandungan Bisa Cegah Bayi Stunting

Pemenuhan Gizi Sejak Dalam Kandungan Bisa Mencegah Kasus Bayi Stunting

Pemenuhan Gizi Sejak Dalam Kandungan Bisa Cegah Bayi Stunting
net
ilustrasi stunting 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Untuk mempercepat pertumbuhan bayi yang mengalami stunting dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan gizi sekaligus melatih fisiknya sehingga berat badan dan panjang tubuhnya berangsur ideal.

"Stunting bisa dimanipulasi yakni dengan dilatih fisiknya dan dicukupi gizinya hingga terpenuhi berat badan dan panjang idealnya. Tanda bayi stunting dapat dilihat sejak lahir, yakni dilihat dari panjang badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan," ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat, Rabu (1/5/2019).

Hendak Bertransaksi Sabu di Kulon Progo, Perempuan Asal Purworejo Ini Dicokok Polisi

Agus menuturkan, bahwa setiap tahun di Kota Yogyakarta terjadi penurunan angka stunting yang signifikan. Hal ini lantaran upaya mengatasi stunting dilakukan sejak bayi berada di dalam kandungan.

"Kami intensifikasikan program yang ada, utamanya stunting yang bermula dari masa kehamilan. ANC (Antenatal care) diperkuat, pemeriksaan kehamilan diperketat sehingga kualitas ibu hamil tercukupi gizinya dan tidak terjadi kekurangan darah serta kesehatan janin terpantau sempurna," ungkapnya.

Pemeriksaan tersebut, lanjut Agus, bisa dilakukan di seluruh Puskesmas yang ada di wilayah. Selain itu ada juga kader pendamping ibu hamil yang tersebar di kawasan permukiman penduduk untuk memberikan informasi yang cukup terkait pemenuhan gizi ibu dan bayi dalam kandungan.

"Kami juga kerjasama dengan pihak swasta terkait kecukupan gizi ibu hamil. Kami intensifkan betul sehingga ibu hamil sehat dan bayi tidak jadi stunting," tandasnya.(kur)

Penulis: kur
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved