Yogyakarta

Mendikbud RI Sebut Pembangunan SDM Jadi Fokus Perhatian Pemerintah Mulai Tahun Ini

Pemerintah mulai tahun ini akan mengalihkan perhatian secara bertahap dari pembangunan infrastruktur menuju ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Mendikbud RI Sebut Pembangunan SDM Jadi Fokus Perhatian Pemerintah Mulai Tahun Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy¬†ketika melepaskan anak panah saat membuka pameran Pekan Pendidikan Jogja 2019. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pekan Pendidikan Jogja 2019 yang berlangsung pada 1-4 Mei 2019 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Rabu (1/5/2019).

Mendikbud mengatakan, pemerintah mulai tahun ini akan mengalihkan perhatian secara bertahap dari pembangunan infrastruktur menuju ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sejumlah Landmark Dunia Tersaji di Merapi Park Sleman

"Apa yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara salah satunya tugas kita membuat bibit itu tumbuh menjadi pohon yang matang, dewasa. Maka sebetulnya pendidikan itu pada dasarnya membangun manusia," ujar Mendikbud.

Dengan memulai pembangunan infrastruktur atau prasarana, maka menjadi prasyarat untuk membuat manusia agar dapat tumbuh berkembang seperti yang diharapkan.

Lanjut Mendikbud, tanpa pembangunan infrastruktur, maka tidak bisa membuat manusia tumbuh seperti yang diharapkan.

"Kalau Infrastruktur saja yang dibangun tidak ada pembangunan SDM seperti menyiapkan lahan subur penuh pupuk tapi tidak ada tanaman sama sekali. Itulah kenapa Bapak Presiden setelah empat tahun bekerja keras mempercepat pembangunan infastruktur dan sekarang ini pemerintah mengalihkan ke pembangunan SDM," katanya.

Mendikbud RI Buka Pameran Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Museum Benteng Vredeburg

Muhadjir menyampaikan, ada tiga peta jalan yang akan dilakukan oleh Kemendikbud dalam merespon arahan Presiden Joko Widodo untuk mengarahkan pembangunan ke SDM.

Yang pertama yakni merevitalisasi pembangunan proses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), membangun karakter untuk anak-anak jenjang pendidikan dasar yakni SD dan SMP.

Selain itu juga menyiapkan generasi yang memiliki kecapkapan dan keterampilan baik untuk memasuki dunia kerja.

"Tugas kita menyiapkan anak-anak untuk siap memasuki dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan itu yang akan kita bangun ke depan," jelasnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved