Penentuan Awal Ramadan 1440 H, Ini Jadwal Sidang Isbat dan Lokasi Pemantauan Hilal di 34 Provinsi

Sidang Isbat penentuan awal puasa akan digelar di Auditorium H.M. Rasjidi, kementrian Agama RI, Jakarta Pusat pada 5 Mei 2019.

Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Yoseph Hary W
Proses Rukyatul Hilal 

TRIBUNJOGJA.COM - Penentuan awal puasa 2019 akan diumumkan pada Sidang Isbat usai pemantauan hilal di lokasi-lokasi yang telah ditentukan di seluruh wilayah Indonesia.

Menjelang bulan Ramadhan, penetapan awal puasa Ramadhan 1440 Hijriah akan diumumkan oleh Kementrian Agama melalui Sidang Isbat .

Sidang Isbat penentuan awal puasa akan digelar di Auditorium H.M. Rasjidi, kementrian Agama RI, Jakarta Pusat pada 5 Mei 2019.

Pihak-pihak penting akan hadir dalam agenda Sidang Isbat penentuan Awal Ramadhan 1440 Hijriah.

Pihak yang akan hadiri Sidang Isbat antara lain Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, akan turut hadir pula Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang Isbat penentuan Awal Ramadhan 1440 Hijriah akan digelar pukul 16.00 WIB yang akan diisi dengan pemaparan posisi hilal di titik-titik yang tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama.

Sidang Isbat sendiri merupakan rapat tertuitup yang akan dimusyawarahkan terlebih dahulu untuk kemudian diambil satu kesepakatan terkait pengumuman awal Ramadhan 1440 Hijriah.

Seperti Sidang Isbat sebelumnya, hasil kesepakatan akan diumumkan terbuka melalui konferensi pers terbuka usai waktu Maghrib.

Posisi pemantauan hilal juga telah ditetapkan oleh Kementrian Agama yang terseberar di banyak titik di seluruh Wilayah Indonesia.

Petugas pemantau hilal terdiri dari Kanwil Kementrian Agama dan Kemengag kabupaten atau kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan Instansi terkait setempat.

Berikut adalah Informasi Daftar Lokasi Pemantauan Hilal Atau Ru’yatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan 1440 H yang Tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia.

1. Aceh : Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; Aceh Jaya Gunung Cring Cran; Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue; Pantai Desa Nancala, Teupah Barat; Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang; dan Pantai Ujong Manggeng Kec. Manggeng, ABDYA

2. Sumatera Utara: Lantai IX Kantor Gubernur Sumut; dan Observatorium OIF UMSU

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved