ADVERTORIAL

Mahasiswa Pertambangan Uji Ilmu di Desa Wisata Tinalah

Mining Games ini menjadi bagian dari rangkaian acara Youth Mining Camp Competition 2019 yang digelar pada 29 April-4 Mei mendatang.

Mahasiswa Pertambangan Uji Ilmu di Desa Wisata Tinalah
Dokumentasi HMTA UPN Veteran Yogyakarta
Suasana Mining Games dalam rangkaian Youth Mining Camp Competition 2019 yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTA) UPN Veteran Yogyakarta di Desa Wisata Tinalah, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTA) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar Mining Games di Desa Wisata Tinalah, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan diikuti beberapa tim mahasiswa dari berbagai daerah yang saling berkompetisi menunjukkan ilmunya dalam bidang pertambangan.

Mining Games ini menjadi bagian dari rangkaian acara Youth Mining Camp Competition 2019 yang digelar pada 29 April-4 Mei mendatang.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Konsepnya adalah berlomba sambil berkemah di mana tim peserta menginap di Desa Wisata Tinalah dan uji kompetensi ilmu pertambangan secara langsung di lapangan selama beberapa hari.

Adapun peserta antara lain dari beberapa kampus di Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi, Surabaya, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan lainnya.

"Ini semacam kegiatan uji kompetensi dengan praktik. Kami mempraktikan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah secara langsung di lapangan namun dalam konsep berkemah," kata Ketua Panitia, Ramadhana Adi Rusyada.

Desa Wisata Tinalah dipilih sebagai lokasi kegiatan karena memiliki topografi wilayah yang sangat familiar dengan dunia pertambangan.

Di antaranya, terdapat area perbukitan dan sungai dengan corak yang kental sehingga sangat mendukung kegiatan.

HMTA UPN Veteran Kembali Gelar Youth Mining Camp Competition

Dalam perlombaannya, para peserta juga diajak untuk mempelajari wilayah tersebut dari sisi disiplin ilmu pertambangan.

Saat ini adalah tahun ketiga rangkaian acara itu digelar.

Setidaknya ada 11 Mining Competition yang keseluruhannya berhubungan dengan tambang.

Antara lain Written Test, DCP, Rock ID, Bench Blast, Tie In, Crushing and Grinding, Mine Surveying, Software, Planning, Hand Mucking, serta Joint Measuring.

Selain itu, juga akan diadakan Micromine Competition, Student Paper Competition, Debate Competition, Mining Expo yang bertempat di Kampus UPN Veteran Yogyakarta pada 3 Mei serta Seminar Nasional yang akan diadakan di Hotel Merapi Merbabu pada 4 Mei.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved