Kulon Progo

YIA Gagal Penuhi Perpres, AP I Siap Jelaskan pada Pemerintah

YIA alias Bandara Internasional Yogyakarta dipastikan belum terdapat aktivitas penerbangan komersil hingga akhir April 2019.

YIA Gagal Penuhi Perpres, AP I Siap Jelaskan pada Pemerintah
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Suasana operasional bandara YIA, Senin (29/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Yogyakarta International Airport (YIA) alias Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) dipastikan belum terdapat aktivitas penerbangan komersil hingga akhir April 2019 meski Peraturan Presiden (Perpres) 98/2017 mentitahkannya demikian.

PT Angkasa Pura I siap pasang badan menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Perpres tentang percepatan pembangunan dan pengoperasian bandar udara baru di Kabupaten Kulon Progo, DIY itu dalam pasal 8 memerintahkan PT Angkasa Pura I membangun bandara baru tersebut secara bertahap serta mengoperasikannya pada April 2019.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Adapun hingga saat ini, YIA belum bisa didarati pesawat komersial karena beberapa maskapai belum mendapatkan izin slot penerbangan dari Kementerian Perhubungan.

Presiden Joko Widodo juga menunda rencana mendarat di bandara itu dengan pesawat kepresidenan pada 29 April seperti ditargetkan sebelumnya.

Mendaratnya pesawat kepresidenan ini semula digadang menjadi pendaratan perdana sekaligus peresmian pengoperasian bandara tersebut untuk penerbangan domestik.

Coporate Secretary PT AP I, Handy Heryudhitiawan mengatakan pihaknya sudah berupaya secara optimal dan memastikan bahwa YIA sudah bisa dioperasikan pada April.

Ditandai dengan sudah dikantonginya Sertifikat Bandar Udara (SBU) dari Kementerian Perhubungan pada 26 April lalu yang menjadi dasar bolehnya pengoperasian bandara tersebut.

AP I juga sudah menyampaikan bahwa maskapai penerbangan sudah bisa masuk beroperasi di YIA.

Lion Group Masih Terganjal Izin Slot Terbang ke YIA

Sayangnya, kemudian ada pemberitahuan bahwa rencana kunjungan Presiden harus ditunda.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved